37°C
28 February 2024
Menyusui

Waktu Tepat Menyusui Setelah Operasi Caesar

  • Oktober 13, 2023
  • 4 min read
Waktu Tepat Menyusui Setelah Operasi Caesar

Ngilu saat persalinan caesar kemungkinan membuat ibu menyusui sedikit kesusahan saat ingin memberi ASI pada Sang Kecil. Lalu, kapan seharusnya ibu menyusui sesudah operasi caesar ya, Bunda?

Rekondisi saat persalinan caesar kemungkinan tidak sekencang dengan persalinan pervaginam. Hingga, beberapa Bunda perlu bersabar berkenaan keadaan itu. Meskipun rekondisi nantinya memerlukan waktu, hal itu nantinya tidak mempengaruhi kekuatan mereka untuk menyusui.

Menyusui sesudah operasi caesar bukan hanya kemungkinan dilaksanakan, tapi beberapa pakar klinis merekomendasikannya sebagai opsi paling sehat untuk memberikan makan beberapa bayi baru lahir seperti disebutkan Donna Murray, RN, BSN, d ikutip dari situs Very Well Famili.

Waktu Tepat Menyusui Setelah Operasi Caesar

Ibu menyusui sesudah operasi caesar

Dalam umumnya kasus, Bunda akan bisa menyusui selekasnya sesudah operasi caesar. Kadangkala ini bahkan juga dapat terjadi saat Bunda tetap ada di ruangan operasi.

Bunda barangkali sempat dengar jika menyusui pada pukul pertama sesudah kelahiran disarankan untuk pastikan kesempatan Bunda sukses menyusui. Karena operasi caesar ialah operasi besar, logis bila Bunda mencemaskan kekuatan Bunda untuk menyusui dalam kurun waktu sekitaran satu jam pertama.

Tetapi, walaupun Bunda tidak bisa segera mulai menyusui misalkan, bila Bunda atau bayi mempunyai permasalahan kesehatan yang mewajibkan Bunda berdua dipisah, Bunda masih tetap bisa membuat perlindungan stok ASI dan membuat jalinan menyusui yang kuat dengan bayi.

Masalah menyusui sesudah operasi caesar

Meskipun begitu, perlu Bunda kenali jika ada beberapa ibu menyusui yang menemui masalah dan hadapi rintangan berkaitan menyusui saat caesar. Tapi, Bunda tidak butuh cemas karena rintangan itu bisa ditangani gampang lewat sedikit usaha, seperti hal berikut ya, Bunda:

  1. Keperluan klinis saat melahirkan

Bila bayi Bunda memiliki keperluan klinis dan harus habiskan beberapa saat di NICU, Bunda masih bisa menyusui dengan sukses. Hal yang juga sama berlaku bila Bunda alami kompleksitas saat melahirkan dan perlu dipisah dari bayi.

Bila memungkinkannya, pompalah ASI selekasnya sesudah melahirkan. Ini akan mengawali supply ASI dan pastikan supply yang aman untuk bayi. Sesudah berjumpa lagi dengan bayi, Bunda mulai dapat lakukan pelekatan dan inisiasi menyusui.

  1. Beberapa obat

Saat sembuh dari operasi caesar, Bunda akan diberi obat untuk menangani merasa sakit. Umumnya obat penurun ngilu pas untuk menyusui, hanya karena sebagian kecil obat yang masuk ke ASI.

Bunda bisa konsultasi sama dokter mengenai obat yang Bunda minum dan kecocokannya dengan menyusui. Jika tidak pas, umumnya ada alternative obat penurun ngilu.

  1. Anestesi

Tipe anestesi yang dipakai, dan jumlah anestesi yang diberi, bisa mempengaruhi proses menyusui. Anestesi bisa membuat bayi lebih mengantuk sebelumnya, hingga mempengaruhi kekuatannya untuk menyusui.

Tetapi, tanggapan semua bayi pada anestesi berbeda, dan kekuatan dampaknya tergantung pada tipe anestesi yang diberi, dan durasi waktu pemberiannya.

Misalkan, anestesi regional, yang membuat Bunda selalu terlindungi untuk operasi, kemungkinan akan memberi dampak lebih kecil pada bayi dibanding anestesi umum.

  1. Produksi ASI terlambat

Riset sudah memperlihatkan jika operasi caesar bisa tunda diawalinya produksi ASI masak, yakni saat ASI Bunda keluar. Sepanjang beberapa hari awal sesudah kelahiran, badan akan menghasilkan kolostrum yaitu ASI pertama bayi Bunda. Kolostrum mempunyai volume yang lebih rendah tapi sarat dengan anti-bodi dan pelindungan lain untuk bayi. Sekitaran 2 sampai 5 hari sesudah melahirkan, ASI Bunda jadi lebih banyak.

Kapan persisnya ASI Bunda keluar kemungkinan terlambat sekian hari bila Bunda sebelumnya pernah jalani operasi caesar, tapi ASI akan keluar pada akhirannya. Bunda bisa menolong percepat proses ini dengan menyusui atau memompa dengan teratur, menyusui sama sesuai keinginan, dan banyak berkontak kulit dengan bayi Bunda.

  1. Ngilu

Saat operasi caesar, Bunda sedang dalam saat rekondisi dari operasi perut besar. Karena itu, Bunda akan rasakan merasa sakit atau ketaknyamanan. Disamping itu, Bunda akan alami kontraksi kandungan sesudah melahirkan karena kandungan Bunda berkurang lagi ke ukuran saat sebelum hamil.

Jangan sangsi untuk memakai obat untuk menurunkan merasa sakit atau ketaknyamanan Bunda. Merasa sakit pasti mengusik kekuatan Bunda untuk menyusui secara nyaman, menjadi penting untuk lakukan apa yang penting Bunda kerjakan untuk hilangkan merasa sakit itu.

Satu kali lagi, beberapa obat tidak masuk ke ASI dengan jumlah yang tinggi untuk memengaruhi bayi, tetapi Bunda bisa konsultasi sama dokter atau konselor laktasi berkenaan opsinya.

  1. Emosi

Melahirkan adalah pengalaman yang menghidupkan emosi yang intensif. Seringkali kita merasa kerepotan atau bersedih di beberapa hari saat melahirkan. Dikenali sebagai baby blues, rollercoaster emosional ini disebabkan karena peralihan kandungan hormon, dan peralihan jati diri yang Bunda alami ketika menjadi orang-tua seperti d ikutip dari situs Healthline.

Bila Bunda alami trauma saat melahirkan atau kompleksitas sesudah operasi caesar, baby blues yang Bunda alami kemungkinan makin kronis. Bunda kemungkinan merasa bersalah atau kuatir, apabila menyusui itu melawan, segala hal kemungkinan sangat terasa susah.

Bagi hati Bunda ke seseorang. Jangan sangsi untuk mengontak dokter atau bidan bila hati Bunda terlampau susah untuk ditangani sendiri.

About Author

Ayu Dwi Amira