37°C
28 February 2024
Kesehatan

Wajib Jaga Kesehataan Lambung Saat Hamil Muda

  • November 28, 2023
  • 3 min read
Wajib Jaga Kesehataan Lambung Saat Hamil Muda

Hibunda – Saat hamil, banyak peralihan yang terjadi pada ibu, baik fisik atau psikis. Ibu kemungkinan alami muntah dan mual atau sering disebutkan morning sickness. Lantas, hal yang lain kemungkinan ibu alami ialah permasalahan kesehatan lambung. Satu diantaranya ialah penyakit asam lambung atau GERD.

GERD saat hamil kerap muncul karena peralihan hormon yang menyebabkan mekanisme pencernaan ibu bekerja lebih lamban, dibanding saat ibu tidak sedang hamil. Disamping itu, ukuran kandungan yang makin lama makin jadi membesar akan menyebabkan lambung tertekan hingga memacu naiknya asam lambung.

Wajib Jaga Kesehataan Lambung Saat Hamil Muda

Lambung memiliki katup yang dikenali istilah sfingter kardia. Katup ini seperti cincin dan ada di lambung dan kerongkongan. Sfingter akan melemas saat ibu menelan makanan yang membuat makanan juga bisa secara gampang masuk lambung. Sesudah makanan sukses masuk, sfingter akan alami kontraksi yang membuat makanan yang telah ada di lambung tidak bisa kembali naik ke tenggorokan.

Nach, saat hamil, hormon yang alami peralihan akan menyebabkan menyusutnya kemampuan dari otot sfingter. Keadaan ini menyebabkan asam lambung benar-benar gampang naik kembali lagi ke kerongkongan. Belum juga sama ukuran janin yang makin jadi membesar bersamaan secara pertambahan umur kehamilan. Ini akan membuat lambung makin tertekan dan didalamnya akan gampang tergerak ke atas.

Jaga Kesehatan Lambung saat Hamil
Tanda-tanda yang biasa terjadi saat asam lambung naik yakni ibu akan alami rasa panas pada ulu hati. Keadaan ini kerap disebutkan heartburn. Umumnya, heartburn umum terjadi sesudah ibu usai makan dan condong semakin bertambah kronis saat malam hari. Saat hamil, GERD atau heartburn ini akan ibu alami waktu masuk trimester ke-2 dan ke-3 kehamilan.

Walau demikian, sebetulnya ibu tidak butuh cemas karena naiknya asam lambung lumrah terjadi saat sedang hamil. Ibu dapat menurunkan dan menghambat hal itu terjadi dengan lakukan cara-cara simpel di bawah ini.

Mengatur Jatah dan Langkah Makan

Lumrah bila ibu akan merasa lapar saat sedang hamil. Tetapi, masih tetap ingat untuk atur jatah dan langkah makan, ya, bu! Lebih bagus ibu makan dengan jatah semakin sedikit tapi seringkali, dibanding secara langsung makan dengan jatah banyak pada satu waktu. Jika awalnya ibu terlatih makan 3x dalam satu hari dengan jatah normal atau semakin banyak, turunkan jatahnya dan tambah frekwensinya jadi 5 sampai 6 kali dalam satu hari.

Jauhi Makan Saat sebelum Tidur

Ibu harus ketahui jika makan saat sebelum tidur dapat tingkatkan dampak negatif berlangsungnya heartburn, terutama bila ibu konsumsi makanan pedas, asam, dan berminyak. Seharusnya, jauhi makan berat minimal tiga jam saat sebelum tidur. Ubahlah dengan konsumsi enteng dan sehat. Disamping itu, ibu pun tidak disarankan untuk kebanyakan minum saat sebelum tidur.

Ketahui Apa yang Jadi Pemicunya

Naiknya asam lambung dapat muncul karena minuman atau makanan tertentu, contohnya cafein, cokelat, buah, dan makanan dengan rasa yang pedas atau asam. Tetapi, dapat menjadi pemicu atau penyebab refluks pada tiap wanita berbeda. Contohnya, mungkin ibu peka dengan makanan pedas saat hamil, tapi tidak seluruhnya ibu hamil alami keadaan sama . Maka, sebaiknya ibu mengenal pemicunya dan menghindariinya.

Disamping itu, ibu dianjurkan untuk konsumsi minuman hangat, tidak segera melakukan aktivitas sesudah makan, menggunakan baju yang kendur, dan memerhatikan sikap tidur. Langkah simpel itu dapat menolong ibu semakin nyaman saat hamil dan menghambat asam lambung naik kembali lagi ke kerongkongan.

About Author

Ayu Dwi Amira