37°C
28 February 2024
Kesehatan

Tips Sehat Dengan Konsumsi Sayuran

  • September 27, 2023
  • 3 min read
Tips Sehat Dengan Konsumsi Sayuran

Hibunda – Sayur memiliki peran penting buat kesehatan. Deretan gizi disiapkan sayur termasuk serat, potassium, asam folat dan vitamin A.

Jemu dengar anjuran untuk banyak makan sayur? Kemungkinan anjuran ini menguap demikian saja karena mengetahui susah menyisipkan sayur saat makan.

Ke orang yang turunkan berat tubuh, sayur berperanan memberi konsumsi serat hingga perut terasa kenyang semakin lama.

Tips Sehat Dengan Konsumsi Sayuran

Ada banyak trick yang dapat dicoba supaya konsumsi sayur harian semakin banyak dan tidak menganiaya. Berikut langkah gampang tambah konsumsi sayur tiap hari.

  1. Selipkan sayur di menu makan pagi

Boleh-boleh saja menambah sayur saat menu makan pagi. Gagasan ini kemungkinan tidak terpikir oleh beberapa orang karena makan pagi umumnya dikuasai beberapa menu ringkas seperti sereal, roti panggang atau cukup satu gelas susu.

Menurut Eating Well, sayur dapat Anda olah sebagai smoothie dengan mengombinasikannya dengan buah-buahan. Disamping itu, coba omelet sayur yaitu telur plus tambahan potongan seledri, daun bawang, bayam, dan tomat ceri.

  1. Sup berbasiskan sayur

Dalam satu mangkuk sup, Anda akan mendapat beberapa gizi sekalian. Bahkan juga sup berperan pada konsumsi cairan harian bila Anda memakai sup berbasiskan kaldu.

Seperti dikutip Healthline, sup sayur tidak selamanya sup dengan kuah kaldu. Anda dapat coba memproses sayur jadi puree atau bubur seperti sup brokoli, quinoa dan bayam plus tambahan rempah.

  1. Mi dari sayur

Bentuk atau langkah penyuguhan sayur memberi macam hingga konsumsi sayur tidak menjemukan. Bagaimana dengan mi sayur? Langkah simpel ini dapat kurangi konsumsi mi berbasiskan karbohidrat tinggi seperti pasta atau mi telur.

Cukup pakai parut khusus atau alat pemotong tertentu hingga hasilkan potongan sayur seperti mi. Bila tidak ada parut atau alat pemotong tertentu, Anda dapat menggunting sesuai dengan selera, potong memanjang atau pakai parut biasa.

Tips Sehat Dengan Cara Konsumsi Sayuran

Tipe sayur yang pas untuk mi sayur seperti, wortel, zucchini, labu dan ubi. Tambah bumbu rempah atau sauce seperti Anda memproses mi.

  1. Oatmeal plus sayur

Oatmeal termasuk bahan pangan yang fleksibel untuk diproses menjadi olahan serba manis atau asin. Untuk olahan oatmeal asin, Anda dapat bermain-main dengan potongan sayur dan tambahan protein.

Berdasar laporan Greatist, ada resep simpel yang dapat dicoba. Pertama, masak oatmeal tawar sama air, selanjutnya tambah sayur yang telah direbus.

Ke-2 , tambah telur untuk sumber protein, lalu tebari garam, lada dan keju parmesan. Opsi sayur untuk olahan ini sesuai dengan selera atau sayur apapun itu yang berada di kulkas Anda.

  1. Roti isi

Sebagai perbekalan makan siang atau sekedar cemilan, roti isi rasanya cocok dikonsumsi dan ringkas. Keju dan ham umum dipakai sebagai isian, tapi ini kali tambah sayur seperti selada, irisan tomat, atau alpukat untuk olahan roti panggang.

  1. Mengubah sayur menjadi keripik

Berbicara masalah cemilan, umumnya orang langsung terpikirkan untuk melahap keripik. Bila Anda fans keripik, waktunya memproses sayur menjadi keripik hingga Anda sanggup menambahkan konsumsi sayur.

Keripik bikinan sendiri pasti dapat ditambahkan bumbu sesuai dengan selera dan tidak memiliki kandungan garam terlalu berlebih. Sayur yang umum diproses menjadi keripik diantaranya, bit, ubi, kentang, Brussels sprout, atau kale.

  1. Guacamole

Guacamole adalah sauce berbasiskan alpukat. Sauce ini dibikin tumbuk alpukat masak, selanjutnya digabung garam laut, perasan lemon atau jeruk nipis, bawang putih dan bumbu tambahan. Tetapi sebetulnya Anda bisa menyelipkan sayur didalamnya.

Guacamole akan ‘naik level’ plus tambahan potongan paprika, bawang bombay, dan tomat. Sauce akan memberi tambahan cita-rasa buat roti panggang, salad, atau kentang panggang.

About Author

Ayu Dwi Amira