37°C
27 February 2024
Gizi Makanan

Tempe Jadi Sumber Protein Bagi Ibu Hamil

  • November 8, 2023
  • 3 min read
Tempe Jadi Sumber Protein Bagi Ibu Hamil

Hibunda – Waktu memiliki kandungan buah kesayangan, ibu hamil perlu penuhi gizi secara baik. Salah satunya konsumsi yang terpenting ialah protein rendah lemak, contohnya tempe.

Tempe untuk ibu hamil benar-benar disarankan dan pas jadi makanan sehat sepanjang memiliki kandungan. Berita baiknya, tempe tidak memiliki kandungan cholesterol hingga aman dimakan tiap hari.

Tempe Jadi Sumber Protein Bagi Ibu Hamil

Merilis WebMD, mengenai beberapa nilai nutrisi dalam tiap 3 ons tempe yaitu 140 kalori, 16 g protein, 5 g lemak, 10 g karbohidrat, 28 % dari keperluan serat harian, 6 % keperluan kalsium harian, 10 % dari keperluan zat besi harian, dan vitamin B.

Berikut sejumlah faedah tempe untuk ibu hamil:

  1. Situasi Hati Lebih Baik

Sepanjang kehamilan, suasana hati ibu hamil dapat berbeda mencolok. Kadangkala dapat benar-benar berbahagia, lantas dalam beberapa saat suasana hati dapat beralih menjadi bersedih bahkan juga stres.

Ini normal dirasakan karena ada peralihan hormon dalam tubuh ibu hamil. Sayang, perubahaan suasana hati dapat tingkatkan dampak negatif stres pada ibu. Salah satunya langkah untuk menanganinya ialah makan tempe.

Faedah tempe itu masih tetap perlu riset selanjutnya. Walau demikian, karbohidrat tempe disebutkan dapat menambahkan energi pada bumil hingga ibu menjadi lebih semangat dan tidak gampang capek.

  1. Sumber Protein

Sepanjang hamil, Anda perlu penuhi keperluan protein sekitar 60 gr sehari-harinya. Tempe menjadi salah satunya makanan yang pas untuk penuhi konsumsi protein sepanjang hamil.

Nanti, protein akan bekerja untuk menjaga mekanisme ketahanan tubuh, mencegah radikal bebas pemicu penyakit, dan menolong hasilkan sel darah merah.

  1. Tingkatkan Mekanisme Kerja Otak Janin

Bukan hanya untuk ibu hamil, tempe bermanfaat untuk janin. Asam folat tempe dipercayai dapat tingkatkan kepandaian otak anak saat di kandungan.

Tidak itu saja, asam folat bagus untuk menghambat cacat lahir saat persalinan. Nanti, asam folat bekerja untuk menolong tumbuh berkembang janin dan perubahan beberapa sel pada sarafnya.

  1. Menghambat Anemia

Saat hamil, Anda kemungkinan lebih rawan pada anemia. Keadaan ini umum terjadi dalam kehamilan dan bisa mengakibatkan kecapekan, kekurangan, sakit di kepala, dan yang lain.

Tetapi tenang saja, tempe dapat menolong Anda terbebas dari anemia. Tempe memiliki kandungan protein rendah lemak yang dapat tingkatkan produksi sel darah merah.

  1. Perkuat Tulang

Kalsium tempe termasuk tinggi. Makan tempe dengan teratur dapat tingkatkan kesehatan tulang ibu dan janin.

Mengimbangi dengan minum susu atau berjemur di bawah cahaya matahari pagi sepanjang beberapa saat. Langkah ini bermanfaat untuk menyerap vitamin D dari cahaya matahari ke tulang.

“Faedah makan tempe untuk ibu hamil pada umumnya sama dengan kedelai yang lain. Selainnya proteinnya yang bagus untuk badan ibu hamil, vitamin B12, kalsium, dan folatnya bisa dibuktikan bagus untuk ibu hamil,” tutur dr. Sepriani Timurtini Limbong.

Menurut dr. Sepriani, tidak ada langkah khusus saat mengolah tempe untuk ibu hamil. Anda dapat membuat tempe secara beragam jenis langkah.

Namun, dr. Sepriani mengingati tidak untuk memakai minyak berulang-ulang saat menggoreng tempe. Pilih minyak sehat seperti olive oil jika Anda ingin menggoreng tempe.

Anda bisa juga mengukus tempe supaya lebih sehat. Agar lebih sedap, Anda dapat memendam tempe di air garam atau bumbu yang lain (jauhi memakai kebanyakan) saat sebelum mengukus atau rebus.

Yok, menjadikan tempe sebagai sisi dari menu harian Anda sepanjang hamil. Kenyataannya, faedah tempe untuk ibu hamil benar-benar memberikan keuntungan.

About Author

Ayu Dwi Amira