37°C
27 February 2024
Gizi Makanan

Tahukah Kamu Ikan Lele yang Murah dan Kaya Nutrisi Punya 4 Manfaat Sehat Ini

  • Januari 30, 2024
  • 2 min read
Tahukah Kamu Ikan Lele yang Murah dan Kaya Nutrisi Punya 4 Manfaat Sehat Ini

Hibunda – Ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang paling populer di Indonesia. Ikan ini dikenal dengan rasanya yang gurih dan harganya yang terjangkau. Selain itu, ikan lele juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan.

Berikut ini adalah 4 manfaat sehat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi ikan lele:

  1. Menjaga berat badan

Ikan lele memiliki kalori yang relatif rendah, yaitu sekitar 98 kalori per 100 gram. Hal ini menjadikan ikan lele sebagai pilihan yang tepat untuk menjaga berat badan. Selain itu, ikan lele juga mengandung protein yang tinggi, sehingga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Ikan lele mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Selain itu, asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit jantung lainnya.

  1. Meningkatkan kesehatan tulang

Ikan lele mengandung vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium, yang merupakan mineral penting untuk kekuatan tulang. Selain itu, ikan lele juga mengandung protein yang dapat membantu membangun dan memperbaiki tulang.

  1. Meningkatkan kesehatan otak

Ikan lele mengandung gizi makanan yang sehat seperti asam lemak omega-3 yang juga baik untuk kesehatan otak. Asam lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif, termasuk memori, pembelajaran, dan perhatian. Selain itu, asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan demensia.

Ikan lele bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan, seperti lele goreng, lele bakar, lele penyet, dan lain-lain. Namun, untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal, sebaiknya konsumsi ikan lele tanpa digoreng. Anda bisa memasak ikan lele dengan cara dibakar, direbus, atau dipanggang.

Dengan mengonsumsi ikan lele secara rutin, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.

About Author

Ayu Dwi Amira