37°C
27 February 2024
Kehamilan

Peran Penting Suami Saat Istri Hamil

  • November 16, 2023
  • 3 min read
Peran Penting Suami Saat Istri Hamil

Hibunda – Persalinan ialah hal yang masih sama sekali tidak gampang dan harus dilewati Bunda untuk berjumpa Sang Kecil. Proses yang berat ini sudah pasti memerlukan support dari orang paling dekat terutama suami.

Peranan suami sepanjang persalinan penting karena suami lah yang paling mengenali Bunda lebih dari siapa saja. Lantas, sebetulnya apa peranan penting suami supaya persalinan dapat berjalan mulus?

Peran Penting Suami Saat Istri Hamil

Yok baca artikel berikut sampai habis untuk ketahui apa peranannya.

5 peranan penting suami supaya persalinan berjalan mulus

  1. Berperanan sebagai pemberi support

Sepanjang hamil sampai bersalin suami berperanan penting sebagai pemberi support supaya semua proses berjalan mulus. Sekecil apa pun itu support yang diberi, akan bermakna untuk Bunda.

Biasanya saat melahirkan terutama dengan normal, seorang wanita semakin lebih gampang merasa cemas dan lupa bagaimanakah cara mengurus kontraksi. Jalan keluar untuk permasalahan ini rupanya ialah support dari suami, Bunda.

“Dan orang terbaik untuk menolong mereka lagi konsentrasi pada pernafasan mereka ialah pasangan mereka. Apalagi, Anda mengenali mereka lebih bagus dibanding siapa saja,” ungkapkan Cathleen Maiolatesi, perawat di Johns Hopkins Hospital, d ikutip dari Parents.

Support dapat Ayah beri secara beragam langkah, misalanya melalui kata-kata positif atau melalui perlakuan seperti memijat untuk kurangi merasa sakit. Tetapi, bila merasa kebingungan berkaitan support apakah yang dapat diberi, jangan sangsi menanyakan ke perawat, dokter, atau orang yang lain lebih eksper.

  1. Berperanan sebagai monitor kontraksi

Jika bersalin lewat pervaginam, Bunda akan rasakan kontraksi dimulai dari pembukaan 1 sampai pembukaan 10. Selama saat kontraksi ini Ayah bisa juga berperanan penting yakni sebagai monitor kontraksi.

Sepanjang rasakan kontraksi Bunda tentu saja tidak dapat konsentrasi untuk ketahui berapa kerap kontraksi terjadi. Karena itu, silakan pakai tenaga suami untuk memantau intensif kontraksi.

  1. Berperanan untuk mendokumentasikan peristiwa

Persalinan jadi peristiwa yang terpenting untuk Bunda dan Ayah, peristiwa ini belum pasti dapat terulang lagi. Oleh karena itu, seharusnya saat persalinan didokumentasikan video atau foto.

Sekarang ini memang banyak yang tawarkan jasa photo persalinan, tetapi bila memakainya Bunda dan Ayah harus keluarkan dana tambahan. Merilis dari The Bump, dibanding keluarkan uang, seharusnya suami ambil peranan untuk mendokumentasikan peristiwa itu.

Saat sebelum ambil photo itu pastikan suami sudah mendapatkan ijin dari faksi rumah sakit. Jika tidak mungkin untuk ambil photo karena itu jangan dipaksa ya, Bunda.

  1. Berperanan jadi pendengar yang bagus

Selainnya 3 peranan yang telah disebut sebelumnya, suami berperanan penting menjadi pendengar yang bagus. Sepanjang melahirkan baik pervaginam atau caesar, istri akan mengeluhkan pada beberapa hal terutama mengenai merasa sakit.

Pekerjaan suami waktu itu hanya jadi pendengar yang bagus dan terima semua keluh kesah yang dikatakan oleh istri. Jangan lakukan protes pada apa pun itu yang Bunda berikan, walau hal itu cukup mengusik sekalian meletihkan.

Sepanjang melahirkan, Ayah mungkin menyaksikan banyak darah atau feses yang keluar waktu melafalkann. Hal tersebut benar-benar normal, usahakanlah untuk mengertinya dan tidak mengulasnya ke istri.

  1. Berperanan supaya perjalanan hamil dan melahirkan jadi menggembirakan

Peranan penting suami yang paling akhir ialah membuat perjalanan hamil dan melahirkan jadi lebih menggembirakan. Semenjak hamil seharusnya suami melalukan beragam langkah untuk menggembirakan hati Bunda.

Tidak harus lakukan hal yang lebih besar atau keluarkan banyak ongkos untuk membikin istri berbahagia sepanjang hamil sampai persalinan. Ayah perlu cari langkah yang pas dan melakukan dengan ikhlas.

Nach, itulah 5 peranan penting suami saat istri hamil supaya persalinan jalan secara lancar. Peranan mana yang telah Ayah kerjakan untuk Bunda?

About Author

Ayu Dwi Amira