37┬░C
28 February 2024
Kehamilan

Peran Penting Suami Dampingi Persalinan Istri

  • September 27, 2023
  • 5 min read
Peran Penting Suami Dampingi Persalinan Istri

Hibunda – Ibu yang melahirkan normal pasti suka bila ditemani suami. Ini faedah dan peranan penting kedatangan suami saat istri melahirkan.

Merilis situs Verywellfamily, riset memperlihatkan jika support terus-terusan sepanjang persalinan bisa memberi faedah yang positif untuk ibu hamil dan bayinya.

Emily Guarnotta, PsyD, PMH-C, psikiater medis bersertifikasi dan penyuplai kesehatan psikis perinatal bersertifikasi menjelaskan persalinan menjadi pengalaman yang mengerikan dan memberatkan. “Ini dapat menjadi benar-benar rawan, baik secara fisik atau emosional. Mempunyai pasangan yang suportif sepanjang persalinan bisa menolong seorang tidak untuk merasakan sendiri serta lebih nyaman dan aman,” tutur Guarnotta.

Peran Penting Suami Dampingi Istri Melahirkan Normal

Support positif dari suami ini berperanan penting pada tingkatkan hasil dan kurangi lama waktunya persalinan. Disamping itu, support suami bisa menolong Bunda dan suami makin terlilit.

Bila suami ingin jadi orang yang memberikan dukungan istri sepanjang persalinan, penting untuk kumpulkan sebanyak-banyaknya panduan dan anjuran supaya siap menolong lewat proses itu. Berikut yang harus dipahami mengenai memberikan dukungan pasangan sepanjang persalinan.

Ibu melahirkan normal ditemani suami

Sabia Wade, seorang doula spektrum penuh dan pendiri Birthing Advocacy Doula Trainings dan For the Village, organisasi non keuntungan, suami yang terturut aktif pada proses persalinannya bisa menolong pasangannya merasa semakin aman. Sekalian menolong suami merasa bermanfaat dan terturut.

“Mempunyai team simpatisan yang aktif penting saat pastikan jika keputusan dibikin kesepakatan orang yang melahirkan dan untuk kebutuhan terbaik keluarga,” tambah Wade.

Ditambah lagi, support aktif bisa kurangi keperluan akan interferensi klinis, menggerakkan persalinan bisa lebih cepat, dan kurangi keperluan akan obat penurun ngilu.

Kebalikannya, ketidakberhasilan memberi support yang bagus ke orang yang melahirkan bisa mengakibatkan ibu merasa sendiri dan rawan. Ini bahkan bisa saja mengakibatkan ibu melahirkan alami persalinan sebagai suatu hal yang traumatis, ucapnya.

Penting Suami Dampingi Istri Melahirkan Normal

“Bila pasangannya tidak memberikan dukungan, orang yang melahirkan akan merasa tertutup,” kata Wade.

Badan akan masuk ke dalam model menantang atau lari saat kita merasakan tidak disokong, dan pada proses melahirkan ini secara fisik bisa perlambat perkembangan persalinan, yang bisa berpengaruh dalam jumlah interferensi yang dibutuhkan, dan keselamatan orang yang melahirkan dengan keseluruhnya.

Berikut sejumlah faedah yang lain suami menemani ibu melahirkan normal.

  1. Kurangi lama waktunya persalinan.
  2. Kurangi jumlah penurun ngilu yang Bunda butuhkan.
  3. Kurangi kemungkinan kelahiran dengan kontribusi atau operasi caesar.
  4. Tingkatkan keyakinan diri dan tingkatkan pengalaman Bunda.
  5. Support suami berperanan penting saat tingkatkan kepuasan pada proses kelahiran dan tingkatkan ikatan.
  6. Ibu melahirkan yang merasa disokong condong tidak alami traumatis saat proses kelahiran. Bahkan juga bila seorang alami trauma saat melahirkan, support dari pasangan bisa menolong istri menangani dan memberikan hati jika dia tidak sendiri.
  7. Pengalaman memberikan dukungan melahirkan jadi dasar pasangan suami istri untuk bekerja bersama sebagai pasangan saat hadapi rintangan pengasuhan anak di masa datang.
  8. Riset memperlihatkan jika kedatangan ayah dan keterkaitannya sepanjang kehamilan dan persalinan disangkutkan kenaikan perubahan kognitif dan perubahan sosio-emosional anak seperti dikutip Timesofindia.

Berikut sejumlah panduan lebih detil mengenai bagaimana peranan suami bisa memberikan dukungan istri sepanjang persalinan.

  1. Membuat lingkungan yang memberikan dukungan
    Untuk membuat lingkungan yang memberikan dukungan, pastikan temperatur dan penerangan ruang nyaman. Suami harus lakukan yang terbaik untuk jaga ruang bebas dari sampah dan kerusuhan.
    Suami bisa menolong meminimalisir pengunjung untuk kurangi depresi dalam ruangan. Menawarkan hidrasi berbentuk air, es batu, soda bening, atau es loli. Ibu melahirkan memerlukan banyak hidrasi karena badannya berusaha keras.
  1. Menawarkan untuk ke kamar mandi
    Menawarkan istri untuk membuang air kecil 1x pada sebuah jam. Ini menolong jaga kandungan kemih masih tetap kosong, memberikan bayi semakin banyak ruangan untuk turun ke panggul, dan menggerakkan perkembangan persalinan bisa lebih cepat.
  2. Tolong istri ganti posisi
    Perubahan posisi sepanjang persalinan bisa menolong mengganti bentuk panggul, hingga bayi bisa mengarahkan jalan lahir, yang disebut hal yang penting.
    Anjurkan secara halus supaya ibu melahirkan beralih ke posisi baru tiap 30 menit sampai satu jam dan bantu dalam peralihan itu. Ini kemungkinan bermakna menolong istri untuk berdiri dan berlutut dan memberi penekanan kembali pada punggung sisi bawah, lakukan posisi jongkok, atau tiduran ke samping.
  1. Beri sanjungan dan dorongan
    Diamkan istri tahu begitu luar biasanya tugas yang dilakukan dan begitu senangnya suami padanya. Saat proses persalinan makin melawan, dorongan ini bisa menjadi makin penting, menjadi ingat-ingatlah untuk beri pujian ibu yang melahirkan dengan stabil sepanjang proses persalinan.

    Support verbal adalah hal paling berguna yang bisa diberi oleh pasangan. Support verbal dan emosional tingkatkan kepuasan kelahiran dan perkembangan persalinan. Bahkan juga tanpa tehnik lain, support verbal saja bisa menyingkat proses persalinan.
  1. Dorong latihan pernafasan
    Oksigenasi yang bagus penting sepanjang persalinan. Untuk argumen ini, penting untuk menolong pasangan bernapas lewat kontraksinya.
  2. Rileksasi
    Mempromokan rileksasi dan menolong pasangan temukan langkah untuk santai penting untuk menolong istri temukan posisi yang sangat nyaman.
    Bila ibu melahirkan tetap dalam posisi santai, kontraksi bisa menarik bayi ke dan ke bawah lebih efisien, memberikan penekanan pada leher kandungan dan tingkatkan perkembangan persalinan.
  1. Pakai sentuhan
    Ayah dapat memijat istri supaya berasa semakin tenang karena umumnya alami sakit punggung. Sentuhan memberi rangsangan dalam otak yang bisa tutup signal merasa sakit masuk ke dalam otak. Hal ini menolong Bunda yang melahirkan untuk santai dan temukan sikap badan yang sangat nyaman.
About Author

Ayu Dwi Amira