37°C
28 February 2024
Kesehatan

Obat Kolesterol Alami yang Bisa Dicoba, Termasuk Bawang Putih

  • Februari 8, 2024
  • 2 min read
Obat Kolesterol Alami yang Bisa Dicoba, Termasuk Bawang Putih

Hibunda – Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol Anda, salah satunya dengan menggunakan obat-obatan alami.

Berikut 8 obat kolesterol alami yang bisa Anda coba untuk kesehatan:

1. Bawang Putih

Bawang putih sudah lama dikenal sebagai obat kolesterol alami. Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik).

2. Jahe

Jahe memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat). Jahe juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik).

3. Kunyit

Kunyit mengandung curcumin, senyawa yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan kadar kolesterol. Curcumin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik).

4. Oatmeal

Oatmeal mengandung beta-glucan, serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat). Oatmeal juga dapat membantu meningkatkan rasa kenyang, sehingga Anda dapat makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti almond, kenari, dan kacang tanah, mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat). Kacang-kacangan juga mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang.

6. Ikan Berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan sarden, mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik).

7. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat). Alpukat juga mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang.

8. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat). Minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi jantung Anda.

Penting untuk diingat bahwa obat-obatan alami ini tidak boleh digunakan sebagai pengganti obat-obatan statin yang diresepkan oleh dokter. Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan pengobatan terbaik.

Semoga informasi ini membantu!

Tips tambahan:

  • Selain menggunakan obat-obatan alami, Anda juga dapat menurunkan kadar kolesterol dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup, seperti:
    • Menjalankan diet sehat
    • Berolahraga secara teratur
    • Berhenti merokok
    • Menurunkan berat badan
  • Jika Anda memiliki pertanyaan atau concerns tentang kolesterol, konsultasikan dengan dokter Anda.
About Author

Ayu Dwi Amira