37°C
27 February 2024
Kesehatan

Minuman Penurun Kolestrol yang Bisa Diminum Pagi Hari

  • Januari 2, 2024
  • 2 min read
Minuman Penurun Kolestrol yang Bisa Diminum Pagi Hari

Hibunda – Kolesterol adalah zat lemak yang ditemukan di seluruh tubuh. Kolesterol dibutuhkan untuk membangun sel-sel baru, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Ada beberapa cara untuk menurunkan kadar kolesterol, termasuk dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Berikut ini adalah beberapa minuman penurun kolesterol yang bisa diminum pagi hari:

1. Berry smoothie

Berry, seperti stroberi, blueberry, dan raspberry, kaya akan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Smoothie berry juga merupakan sumber serat yang baik, yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol.

Untuk membuat smoothie berry, Anda bisa mencampurkan 1 cangkir buah berry segar atau beku dengan 1 cangkir susu rendah lemak atau yogurt rendah lemak. Anda juga bisa menambahkan 1/2 cangkir sayuran hijau, seperti bayam atau kale, untuk menambah nutrisi.

2. Teh hijau

Teh hijau mengandung polifenol, senyawa antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Teh hijau juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

Anda bisa minum teh hijau tawar atau menambahkan susu rendah lemak atau yogurt rendah lemak.

3. Minuman kakao

Minuman kakao mengandung flavonoid, senyawa antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Flavonoid juga dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Pilihlah minuman kakao yang tidak mengandung gula tambahan. Anda juga bisa menambahkan susu rendah lemak atau yogurt rendah lemak untuk menambah nutrisi.

4. Susu kedelai

Susu kedelai adalah alternatif susu sapi yang baik bagi orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Susu kedelai mengandung isoflavon, senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

Anda bisa minum susu kedelai tawar atau menambahkan buah-buahan atau sayuran untuk menambah rasa.

5. Jus tomat

Jus tomat mengandung likopen, senyawa antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Likopen juga dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat.

Anda bisa minum jus tomat segar atau jus tomat yang sudah dibeli di supermarket.

Selain mengonsumsi minuman penurun kolesterol, Anda juga perlu menjalani gaya hidup sehat lainnya, seperti berolahraga secara teratur dan menjaga berat badan ideal.

Berikut ini adalah beberapa tips kesehatan untuk menurunkan kadar kolesterol:

  • Batasi asupan lemak jenuh dan lemak trans.
  • Konsumsi lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian.
  • Makan ikan berlemak setidaknya dua kali seminggu.
  • Batasi asupan garam.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Jaga berat badan ideal.

Jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

About Author

Ayu Dwi Amira