37°C
27 February 2024
Gizi Makanan

Mengenal Jenis Kacang Kacangan yang Memiliki Gizi Baik

  • September 27, 2023
  • 5 min read
Mengenal Jenis Kacang Kacangan yang Memiliki Gizi Baik

Hibunda – Tidak dapat disangkal jika kacang-kacangan termasuk bahan makanan yang paling yang bergizi. Dibalik ukuran yang imut, setiap tipe kacang-kacangan simpan protein, karbohidrat, dan beragam zat nutrisi yang lain yang berguna.

Asal mula bermacam tipe kacang-kacangan

Kacang-kacangan biasanya adalah biji buah dari sesuatu tumbuhan. Biji yang kering ini tersembunyii oleh cangkang keras yang tidak pecah saat buah masak . Maka, Anda perlu buka atau pecahkan cangkang itu untuk keluarkan pokoknya.

Jenis Kacang Kacangan yang Memiliki Gizi Baik

Kacang sejati (nut) berlainan dengan kacang-kacangan dalam kelompok legum (legume). Tidak sama kacang sejati yang tumbuh sebagai biji, legum adalah keluarga dari tumbuhan yang hasilkan kantong berisi benih didalamnya.

Keluarga legum terdiri kembali jadi beberapa jenis yakni kacang lentil (miju-miju), kacang polong (pea), polong-polongan (bean), dan kacang tanah (peanut). Tiap tipe legum umumnya mempunyai penampilan, rasa, kandungan nutrisi, dan manfaat yang tidak sama.

Berikut ini beragam tipe kacang-kacangan dan misalnya.

  • Kacang sejati: mete, pistachio, kenari, almond, pecan, hazelnut, chestnut, pinus, macadamia, dan kacang brazil.
  • Legum: lentil, kacang polong, kacang kedelai, kacang hijau, kacang arab, kacang kapri, dan kacang tanah.
  • Polong-polongan (beans): kacang merah, kacang hitam, kacang pinto, dan kacang navy.

Antiknya, “kacang” tanah malah bukan kacang sejati, tetapi legum seperti kacang polong. Disamping itu, almond yang sejauh ini dikenali sebagai kacang rupanya semacam buah dengan biji yang diselubungi cangkang dan dapat dikonsumsi.

Lepas dari ketidaksamaan yang terdapat, semua tipe kacang-kacangan mempunyai keserupaan dalam kandungan gizinya. Bahan pangan ini kaya lemak sehatkan, serat, dan protein. Kacang-kacangan memiliki kandungan mineral dan vitamin, terutama vitamin E.

Faedah makan kacang untuk kesehatan

Beragam riset memperlihatkan jika makan kacang benar-benar berguna untuk kesehatan. Masalahnya makanan ini memiliki kandungan lemak sehatkan, vitamin, mineral, serat, dan fitonutrien (zat kimia alami dalam tumbuhan) yang memiliki sifat anti-oksidan.

Mengenal Jenis Kacang Kacangan yang Memiliki Gizi Baik

Pada umumnya, berikut ini beberapa faedah yang dapat Anda peroleh dari konsumsi kacang-kacangan.

  • Jadi sumber zat nutrisi untuk badan.
  • Menolong menjaga berat tubuh bagus.
  • Menolong turunkan cholesterol dan trigliserida.
  • Mempunyai potensi turunkan dampak negatif penyakit stroke dan jantung.
  • Kurangi infeksi pada tubuh.
  • Sehatkan bakteri usus dan memperlancar pencernaan.

Tipe kacang-kacangan paling sehat

Berikut ini beragam tipe kacang yang paling sehatkan untuk badan.

  1. Kacang arab

Kacang arab, atau kacang garbanzo, adalah kacang yang lebih tinggi kandungan protein dan serat. Karena ke-2 zat nutrisi itu, beberapa pakar bahkan juga mengutarakan jika kacang arab dapat memberi faedah yang sama dengan daging merah.

Kacang arab berpotensi untuk jaga berat tubuh, mengatur gula darah, dan turunkan dampak negatif penyakit jantung dan kanker. Ini karena kacang arab bisa dibuktikan bisa turunkan kandungan cholesterol jahat yang disebut faktor dampak negatif penyakit jantung.

  1. Lentil

Salah satunya tipe kacang-kacangan yang bagus dimakan beberapa vegetarian adalah lentil/kacang lentil. Selainnya memiliki kandungan protein, lentil kaya vitamin B kompleks, magnesium, dan kalium hingga menjadi alternative dari beberapa produk hewani.

Seperti kacang arab, lentil bisa menolong turunkan gula darah. Beberapa study memperlihatkan jika proses pencernaan lentil yang condong lamban menghambat kenaikan gula darah secara mencolok.

  1. Kacang polong

Seperti kacang-kacangan umumnya, kacang polong adalah sumber protein dan serat yang bagus. Bahkan juga, sekarang banyak tersebar di pasar tipe suplemen yang memiliki kandungan kacang polong dengan banyak faedahnya untuk kesehatan.

Disamping itu, kandungan serat dari kacang polong jadi sumber makanan untuk bakteri usus. Jika bakteri usus ada pada keadaan sehat, peranan pencernaan dan bab Anda juga bisa menjadi lancar.

  1. Kacang merah

Anda kemungkinan sudah tidak asing dengan tipe kacang-kacangan yang ini. Sebagai salah satunya tipe kacang yang umum dimakan, kacang merah menyumbang serat, protein, vitamin B1 dan B9, dan mineral.

Makanan tinggi serat seperti kacang merah benar-benar efisien untuk mengatur gula darah. Pada suatu riset dalam Nutrition Journal, makan kacang merah bahkan juga bisa dibuktikan turunkan gula darah pada pasien diabetes.

  1. Almond

Kacang almond adalah sumber energi, protein, karbohidrat, dan lemak. Walau tinggi lemak, beberapa lemak pada kacang ini termasuk sehat. Beberapa riset bahkan juga memperlihatkan kandungan lemak ini dapat turunkan cholesterol jahat.

Konsumsi almond bersama skema makan rendah kalori menolong turunkan berat tubuh dan tekanan darah ke orang dengan kegemukan. Untuk pasien diabetes, makan almond dapat menolong kurangi infeksi dan turunkan gula darah.

  1. Kenari

Kenari adalah salah satunya tipe kacang-kacangan yang banyak memiliki kandungan lemak. Tetapi, beberapa lemak pada kenari terdiri dari asam lemak omega-3. Lemak ini menolong turunkan cholesterol jahat dan tingkatkan cholesterol baik.

Antiknya kembali, sebuah riset pada 2012 mengutarakan jika makan kacang kenari bisa tingkatkan kekuatan kognitif. Ini mengisyaratkan jika kacang kenari mempunyai faedah tertentu untuk kesehatan otak.

  1. Kacang mete

Masih berkerabat dengan almon dan kenari, kacang mete tinggi kandungan protein, lemak, vitamin, dan mineral. Disamping itu, kacang mete memiliki kandungan fitonutrien yang berperanan sebagai anti-oksidan, seperti polifenol dan karotenoid.

Banyak study memperlihatkan faedah kacang mete saat kurangi tanda-tanda sindrom metabolik, yaitu beberapa kumpulan keadaan yang tingkatkan dampak negatif penyakit jantung. Ini kemungkinan terkait dengan peranan anti-oksidan saat kurangi dampak negatif penyakit akut.

  1. Kacang kedelai

Satu kembali tipe kacang-kacangan yang terbanyak dimakan yaitu kacang kedelai. Selainnya dimakan berbentuk kacang, kedelai umum dibuat jadi tahu, susu kedelai, tempe, dan tauco.

Kacang kedelai kaya isoflavon, yakni zat anti-oksidan yang mempunyai langkah kerja seperti hormon estrogen. Konsumsi isoflavon diyakinkan bisa turunkan dampak negatif penyakit kanker, mengatur tekanan darah, dan menghambat osteoporosis karena menopause.

  1. Pistachio

Bila Anda cari makanan sumber anti-oksidan, coba kacang pistachio. Kacang ini memiliki kandungan banyak anti-oksidan berbentuk vitamin E, karotenoid, polifenol, dan zeaxanthin yang bisa membuat perlindungan sel badan Anda dari kerusakan.

Seperti almon, kacang pistachio kaya lemak nabati yang berguna. Lemak pada pistachio adalah lemak tidak jemu yang bisa turunkan dampak negatif penyakit jantung dengan mengontrol cholesterol darah.

  1. Kacang tanah

Menariknya, faedah kacang tanah cukup unik dibanding tipe kacang-kacangan yang lain. Masalahnya kacang tanah adalah sumber lemak tidak jemu tunggal, lemak tidak jemu double, protein, dan vitamin B yang bagus untuk memberikan dukungan program diet sehat Anda.

Sayang, faedah ini akan lenyap bila kacang tanah telah dibuat jadi produk yang lain, misalkan selai kacang. Oleh karenanya, pastikan selalu untuk membaca cap info nilai nutrisi yang berada pada paket produk makanan yang Anda membeli.

Sepanjang dimakan dengan jumlah yang lumrah, tiap tipe kacang-kacangan mempunyai faedah tertentu untuk kesehatan . Maka, janganlah lupa masukan bahan makanan yang ini ke saat menu harian Anda.

About Author

Ayu Dwi Amira