37°C
27 February 2024
Gizi Makanan

Manfaat Susu Membantu Pertumbuhan Anak

  • September 27, 2023
  • 3 min read
Manfaat Susu Membantu Pertumbuhan Anak

Hibunda – Susu menjadi satu diantara sumber gizi penting yang bisa memberikan dukungan tumbuh berkembang anak. Susu sendiri dapat dimakan sesudah saat ASI eksklusif usai, yakni saat anak konsumsi makanan pengiring ASI. Tetapi, ada beberapa hal yang penting ibu kenali saat sebelum memberi susu formulasi untuk anak. Selainnya pertimbangkan umur, ibu perlu ketahui ada intoleransi laktosa atau alergi susu sapi.

Hal yang juga sangat penting ialah, ibu perlu mengecek tanggal lewat waktu, formasi, ketentuan penggunaan, dan bentuk paket saat sebelum beli. Hal itu dilaksanakan untuk jaga anak supaya masih tetap aman saat konsumsi susu. Saat sebelum memilih untuk beli susu formulasi, ibu perlu ketahui faedah susu untuk anak tersebut. Berikut bermacam faedah susu untuk anak!

Manfaat Susu Membantu Pertumbuhan Anak

Beberapa Faedah Susu untuk Anak, Apa Saja?

Ibu yang mempunyai anak pada periode tumbuh berkembang, susu adalah konsumsi yang wajib diberi untuk sang buah kesayangan. Nach, apa faedah susu untuk anak?

1.Menolong Anak supaya Lebih Sehat

Umumnya, ada banyak kandungan penting yang sanggup memberikan dukungan anak agar berkembang dan tumbuh dengan optimal. Beberapa salah satunya ialah prebiotik yang berguna untuk kesehatan pencernaan anak. Ibu perlu ketahui bila anak yang tumbuh secara sehat bermula dari organ pencernaan yang sehat.

2.Memberikan dukungan Perkembangan Fisik Anak

Susu formulasi memiliki kandungan beberapa kalsium, fosfor, magnesium dan protein yang sanggup memberikan dukungan perkembangan fisik anak. Saat ibu memberinya susu dengan teratur semenjak mereka kecil, anak akan terbebas dari osteoporosis saat mereka dewasa kelak. Kandungan-kandungan itu bagus untuk kesehatan gigi, karena sanggup menghambat berlangsungnya gigi berlubang.

3.Memberikan dukungan Kepandaian Otak Sang Kecil

Susu formulasi memiliki kandungan beragam asam lemak fundamental yang bagus untuk badan, termasuk omega-3 dan omega-6, AA dan DHA, sampai sphingomyelin. Kandungan-kandungan itu bagus untuk memberikan dukungan kepandaian Sang Kecil dengan memberikan nutrisi otaknya.

Susu Membantu Pertumbuhan Anak

4.Sumber Energi Untuk Badan

Susu formulasi adalah salah satunya sumber karbohidrat dan lemak yang bisa membuat anak merasakan kenyang. Disamping itu, susu formulasi memiliki kandungan salah sumber energi yang bagus untuk anak yang aktif. Bila ibu teratur memberinya, anak bisa beraktivitas fisik dan otak lebih maksimal.

Walaupun susu formulasi baik untuk perkembangan anak, tapi ASI ialah makanan terbaik untuk anak di awal mula saat hidupnya . Maka, bila ibu mempunyai ASI yang deras, seharusnya ibu memberinya ASI daripada susu formulasi. Tetapi bila ibu mempunyai permasalahan pada pengeluaran ASI, ibu dapat bahas secara langsung sama dokter di program Halodoc, ya!

Apa Hal yang Harus Jadi perhatian?

Susu menjadi pendamping gizi untuk mendukung tumbuh berkembang anak. Meskipun begitu, ibu tidak dapat asal saat memberinya. Berikut dasar memberi susu formulasi untuk anak:

Anak berumur 2-3 tahun sekitar 480 mililiter atau sama dengan dua gelas setiap hari.
Anak berumur umur 4-8 tahun sekitar 600 mililiter atau sama dengan 2-3 gelas setiap hari.
Anak berumur sembilan tahun ke atas sekitar 720 mililiter atau atau sama dengan tiga gelas setiap hari.

Selainnya memberi susu formulasi dengan jatah yang dianjurkan, seharusnya ibu pilih susu dengan tanggal lewat waktu yang masihlah jauh. Bila pilih tanggal lewat waktu yang dekat, karena itu dampak negatif susu alami kontaminasi akan makin tinggi . Maka, selalu lihat tabel paket saat sebelum membeli ya, bu!

About Author

Ayu Dwi Amira