37°C
27 February 2024
Gizi Makanan

Manfaat Kalsium Bagi Ibu Hamil

  • Desember 2, 2023
  • 2 min read
Manfaat Kalsium Bagi Ibu Hamil

Hibunda – Selainnya asam folat, salah satunya konsumsi yang diperlukan oleh ibu hamil ialah kalsium. Peranan kalsium yang khusus ialah perkuat tulang dan gigi. Disamping itu, kecukupan kalsium pada ibu hamil sanggup kurangi dampak negatif hipertensi dan preeklamsia.

Gizi yang ini gampang didapat dari produk susu dan turunannya. Selainnya susu, kalsium terdapat di dalam juice, minuman kedelai dan beras, dan roti. Yok, kenali deretan peranan kalsium untuk ibu hamil yang lain!

Manfaat Kalsium Bagi Ibu Hamil

Peranan Kalsium untuk Kehamilan

Janin yang berkembang memerlukan kalsium untuk membuat tulang dan gigi yang kuat. Bukan hanya itu, kandungan yang ini menolong perubahan jantung, saraf, dan otot yang sehat. Kalsium meningkatkan irama jantung yang normal dan kekuatan pembekuan darah bayi.

Pemenuhan konsumsi kalsium sangat penting sepanjang tiga bulan akhir kehamilan, yakni saat perkembangan bayi sedang pesat-pesatnya. Kalsium bisa kurangi dampak negatif hipertensi dan preeklamsia.

Saat konsumsi kalsium tidak tercukupi, bayi akan ambilnya dari tulang ibu. Akhirnya, ini dapat mempengaruhi kesehatan karena tingkatkan dampak negatif pelapukan tulang.

Keperluan Kalsium Sepanjang Kehamilan
Rupanya, wanita memerlukan jumlah kalsium yang masih sama, walau sedang hamil, menyusui, atau mungkin tidak ke-2 nya. Jumlah kalsium yang diperlukan wanita bervariatif berdasar umur, yakni:

  • 1000 miligram (mg) satu hari untuk umur 19 sampai 50 tahun.
  • 1300 mg satu hari untuk wanita 18 tahun kebawah

Upayakan untuk konsumsi tiga cangkir produk susu atau makanan kaya kalsium yang lain tiap hari untuk penuhi keperluan itu.

Panduan Penuhi Konsumsi Kalsium Sepanjang Kehamilan

Selainnya konsumsi makanan tinggi kalsium, ibu hamil dapat konsumsi suplemen kalsium. Umumnya, sejumlah vitamin prenatal memiliki kandungan jumlah kalsium yang bervariatif, dimulai dari 100-200 miligram.

Selainnya kalsium, ibu memerlukan vitamin D untuk menolong peresapan kalsium . Maka, pastikan memperoleh cukup vitamin D pada makanan.

Kalsium tambahan bisa juga tiba dalam bermacam-macam, tersering kalsium karbonat dan kalsium sitrat.

Kalsium karbonat sediakan kalsium terbanyak, tapi memerlukan asam lambung extra untuk menolong molorutkannya . Maka, tipe kalsium ini seharusnya ibu konsumsi bersama makanan.

Badan termudah menyerap kalsium sitrat. Karena tipe ini tidak membutuhkan asam lambung untuk peresapannya.

Maka tipe ini dapat ibu konsumsi pada celah waktu makan. Kalsium sitrat ialah opsi yang bagus untuk seorang yang punyai asam lambung.

Jauhi konsumsi suplemen kalsium yang memiliki kandungan tepung tulang, dolomit, cangkang tiram, atau koral. Karena, dapat menjadi memiliki kandungan sedikit timbal, yang bisa beresiko mencelakakan perubahan janin.

About Author

Ayu Dwi Amira