37°C
27 February 2024
Gizi Makanan

Manfaat Gizi Ikan Tuna Bagi Pertumbuhan Bayi

  • Januari 23, 2024
  • 3 min read
Manfaat Gizi Ikan Tuna Bagi Pertumbuhan Bayi

Hibunda – Ikan tuna adalah salah satu jenis ikan yang populer di Indonesia. Ikan ini memiliki rasa yang lezat dan kaya akan nutrisi. Tak heran jika ikan tuna sering dijadikan sebagai menu makanan untuk orang dewasa maupun anak-anak, termasuk bayi.

Ikan tuna memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan bayi, seperti:

  • Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Ikan tuna merupakan sumber protein yang sangat baik, dengan kandungan protein sebesar 36,5 gram per 100 gram. Protein dalam gizi ikan tuna berperan penting dalam pembentukan dan pertumbuhan otot, tulang, dan jaringan tubuh lainnya.

  • Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan bayi untuk perkembangan otak, mata, dan sistem sarafnya. Ikan tuna merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik, dengan kandungan asam lemak omega-3 sebesar 3,2 gram per 100 gram. Asam lemak omega-3 dalam ikan tuna berperan penting dalam meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan belajar bayi.

  • Vitamin B

Vitamin B merupakan sekelompok vitamin yang berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk metabolisme, pertumbuhan, dan perkembangan. Ikan tuna merupakan sumber vitamin B yang baik, dengan kandungan vitamin B12 sebesar 1,7 mcg per 100 gram. Vitamin B12 berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan perkembangan otak.

  • Mineral

Ikan tuna juga merupakan sumber mineral yang baik, seperti selenium, fosfor, dan magnesium. Selenium berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh. Fosfor berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Magnesium berperan penting dalam fungsi otot dan saraf.

Manfaat Ikan Tuna Bagi Pertumbuhan Bayi

Berikut adalah beberapa manfaat gizi makanan ikan tuna bagi pertumbuhan bayi:

  • Menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak

Asam lemak omega-3 dalam ikan tuna berperan penting dalam meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan belajar bayi. Asam lemak omega-3 juga berperan penting dalam perkembangan retina mata bayi.

  • Membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi

Fosfor dalam ikan tuna berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Protein dalam ikan tuna juga berperan penting dalam pembentukan dan pertumbuhan otot, tulang, dan jaringan tubuh lainnya.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selenium dalam ikan tuna berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh.

  • Mendukung kesehatan jantung

Asam lemak omega-3 dalam ikan tuna berperan penting dalam mengurangi risiko penyakit jantung.

Tips Memberikan Ikan Tuna pada Bayi

Ikan tuna dapat diberikan kepada bayi mulai usia 6 bulan. Sebelum memberikan ikan tuna pada bayi, pastikan Anda memilih ikan tuna yang rendah merkuri. Merkuri adalah logam berat yang dapat membahayakan kesehatan bayi.

Berikut adalah beberapa tips memberikan ikan tuna pada bayi:

  • Pilih ikan tuna yang rendah merkuri

Jenis ikan tuna yang rendah merkuri adalah cakalang, sirip kuning, dan tongkol. Tuna kalengan juga biasanya berisi ikan tuna kecil yang rendah merkuri.

  • Cuci bersih ikan tuna

Cuci bersih ikan tuna dengan air mengalir hingga bersih. Anda juga bisa menghilangkan kulit dan tulang ikan tuna sebelum dimasak.

  • Olah ikan tuna dengan cara yang tepat

Olah ikan tuna dengan cara yang tepat agar tidak hancur. Anda bisa mengukus, merebus, atau menggoreng ikan tuna.

  • Berikan ikan tuna dalam jumlah yang tepat

Untuk bayi usia 6-12 bulan, Anda bisa memberikan ikan tuna sebanyak 1-2 sendok makan per hari. Untuk bayi usia 1-3 tahun, Anda bisa memberikan ikan tuna sebanyak 2-3 sendok makan per hari.

  • Berikan ikan tuna secara rutin

Anda bisa memberikan ikan tuna secara rutin 2-3 kali seminggu.

Ikan tuna adalah salah satu makanan yang sangat baik untuk pertumbuhan bayi. Dengan memberikan ikan tuna pada bayi, Anda bisa membantu mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal.

About Author

Ayu Dwi Amira