37°C
28 February 2024
Kesehatan

Makanan Sehat Penghancur Miom Secara Alami

  • Oktober 7, 2023
  • 5 min read
Makanan Sehat Penghancur Miom Secara Alami

Hibunda – Selainnya jalani penyembuhan klinis dari dokter, kenyataannya miom dapat ditangani konsumsi makanan sehat. Bahkan juga, ada beberapa macam makanan untuk merusak miom. Ingin tahu apa sajakah? Baca secara lengkap.

Miom ialah perkembangan sel abnormal dalam kandungan. Fibroid kandungan atau leiomyoma ini mempunyai karakter jinak (tumor), walau demikian bila tidak memperoleh perawatan selanjutnya akan mengusik permasalahan kesehatan, seperti ngilu haid, sampai bisa mengusik kesuburan.

Keadaan ini umumnya diketemukan pada wanita umur 30 – 40 tahun tetapi kenyataannya miom dapat terjadi pada umur berapa saja. Banyaknya dapat lebih satu dengan ukurannya yang bervariatif. Miom tetap memiliki ukuran kecil untuk waktu lama dan dengan seiring waktu berjalan akan tumbuh perlahan-lahan dalam kurun waktu sekian tahun.

Ole Gunnar Solskjaer Kritik Pemain

Sesudah wanita didiagnosa miom, karena itu langkah penyembuhannya bisa dilaksanakan pemberian beberapa obat tertentu oleh dokter sampai dilakukan pembandinghan.

Makanan untuk Merusak Miom

Selainnya lakukan penyembuhan klinis, Anda bisa juga menangani fibroid kandungan dengan konsumsi makanan sehat. Tipe makanan apa saya yang dapat dimakan?

  1. Makanan yang memiliki kandungan serat

Salah satunya tipe makanan untuk merusak miom yang bagus dimakan ialah makanan yang memiliki kandungan serat. Makanan yang memiliki kandungan serat bisa menolong turunkan berat tubuh hingga bisa menyamakan hormon. Disamping itu, kandungan serat yang lebih tinggi menolong jaga kandungan gula darah masih tetap konstan. Perihal ini pula yang membuat makanan yang memiliki kandungan serat tinggi bisa merusak miom.

Beberapa macam makanan yang memiliki kandungan serat tinggi, misalnya:

  • Sayur
  • Buah
  • Roti gandum
  • Sayur persilangan
  • Kacang-kacangan
  1. Makanan yang memiliki kandungan anti-oksidan

Sama seperti yang diketahui, makanan yang memiliki kandungan anti-oksidan bagus untuk kesehatan, termasuk satu diantaranya untuk menangani miom. Makanan yang memiliki kandungan anti-oksidan tinggi mempunyai peran penting saat membuat perlindungan badan dari radikal bebas yang bisa membuat keadaan miom semakin kronis.

Makanan yang memiliki kandungan anti-oksidan tinggi bisa Anda dapatkan pada buah dan sayur. Menurut sebuah riset yang diedarkan dalam The Journal of Obstetrics and Gynaecology Research, mengatakan bila konsumsi sayur dan buah dalam jumlah yang banyak bisa turunkan dampak negatif mioma uteri.

  1. Makanan yang memiliki kandungan kalium

Salah satunya tipe makanan untuk merusak miom yang bisa dimakan ialah makanan yang memiliki kandungan kalium. Masalahnya wanita yang mempunyai miom dengan keadaan yang kronis mempunyai dampak negatif alami tekanan darah tinggi hingga makanan memiliki kandungan kalium penting untuk menanganinya.

Anda bisa temukan kandungan kalium tinggi pada buah-buahan dan sayur, misalnya:

Pisang
Alpukat
Lemon
Jeruk
Kurma
Tomat
Blewah
Kentang
Kacang lentil

  1. Makanan yang memiliki kandungan vitamin D

Menurut sebuah study yang diedarkan Pandemiology, mengatakan bila vitamin D bisa menolong kurangi dampak negatif fibroid sampai nyaris 32 %. Oleh karenanya, beberapa macam makanan ini dapat menolong menangani miom, misalnya:

Kuning telur
Keju
Susu
Sereal yang difortifikasi
Minyak hati ikan kod
Ikan yang memiliki kandungan lemak, seperti salmon, tuna, dan mackerel.

  1. Teh hijau

Sama seperti yang diketahui, teh hijau memiliki kandungan anti-oksidan tinggi. Sebuah study pada International Journal of Women’s Health mengatakan bila epigallocatechin gallate, salah satunya tipe anti-oksidan pada teh hijau, bisa menolong perlambat perkembangan fibroid dengan turunkan infeksi dan kandungan estrogen yang lebih tinggi.

Disamping itu, teh hijau bisa membenahi tanda-tanda pendarahan luar biasa yang disebabkan oleh miom, satu diantaranya membenahi zat rendah yang lebih rendah.

Tipe Makanan yang Harus Dijauhi

Bila Anda pasien miom seharusnya Anda pun harus pahami jika tidak seluruhnya tipe makanan bisa Anda konsumsi. Pasalnya ada banyak makanan sebagai larangan penyakit miom. Ada beberapa macam makanan yang perlu jauhi, misalnya:

  1. Makanan yang memiliki kandungan gula

Makanan yang memiliki kandungan gula dan karbohidrat berlebihan bisa jadi memperburuk keadaan fibroid. Ini karena tipe makanan ini bisa tingkatkan kandungan gula darah yang mengakibatkan badan akan hasilkan insulin terlalu berlebih. Kelebihan insulin dapat memacu tambahan berat tubuh dan mempengaruhi perkembangan fibroid.

Jauhi karbohidrat olahan dan gula tambahan misalnya:

  • gula meja
  • glukosa
  • dekstrosa
  • maltosa
  • sirup jagung
  • roti putih, nasi, pasta, dan tepung
  • soda dan minuman manis
  • keripik kentang
  1. Daging merah

Salah satunya tipe makanan yang perlu dijauhi ialah daging merah. Sebuah jurnal yang diedarkan Current Obstetrics and Gynecology Reports memperlihatkan jika orang yang konsumsi daging merah mempunyai dampak negatif perkembangan miom. Ini karena daging merah memiliki kandungan banyak kalori dan lemak yang bisa tingkatkan perkembangan fibroid.

Disamping itu, menurut American Heart Association daging memiliki kandungan lemak jemu dan lemak trans tingkat tinggi, yang bisa tingkatkan cholesterol dan jadi memperburuk penyakit jantung. Karena itu bila Anda ingin konsumsi daging-dagingan, dianjurkan untuk konsumsi daging putih, seperti ayam dan ikan.

  1. Makanan yang bisa tingkatkan kandungan estrogen

Beberapa macam makanan kemungkinan bisa tingkatkan produksi hormon estrogen dalam tubuh. Bila dimakan dengan jumlah kecil atau sedang makan tidak memberi imbas yang krusial tetapi bila dimakan dengan jumlah tinggi atau terlalu berlebih karena itu bisa mengakibatkan imbas negatif untuk badan.

Beberapa macam makanan yang dapat tingkatkan kandungan estrogen pada tubuh, misalnya:

kacang kedelai
susu kedelai
Tahu
Biji rami

Apa Miom Dapat Pulih dengan Sendirinya?

Fibroid kandungan dapat pulih sendirinya bila ukuran kecil. Lalu, apa dapat miom keluar tanpa operasi? Menurut jurnal yang diedarkan Harvard Health Publishing, miom yang tidak mempunyai tanda-tanda apapun itu, memiliki ukuran kecil, karena itu fibroid dapat lenyap sendirinya. Ini dapat terjadi saat hormon estrogen sedang rendah dan tanpa membutuhkan penyembuhan khusus.

Bahkan juga untuk wanita yang masuk saat menopause, fibroid kandungan dapat lenyap dan pulih sendirinya. Tetapi, Anda harus memerhatikan gaya hidup yang sehat sepanjang ada pada periode miom pulih sendiri dan menghindar dari dampak negatif yang bisa tingkatkan keadaan ini.

Keadaan yang membutuhkan penyembuhan, misalnya:

  • Mengakibatkan pendarahan haid terlalu berlebih yang mengakibatkan anemia atau ngilu haid yang luar biasa hingga mengusik kegiatan setiap hari.
  • Mengakibatkan pendarahan antara dua transisi haid.
  • Tidak terang apa perkembangan jaringan adalah mioma atau bentuk lain tumor seperti tumor ovarium atau kanker.
  • Alami pembesaran secara mendadak.
  • Mengakibatkan infertilitas atau susah hamil.
  • Mengakibatkan ngilu panggul.

Pada wanita yang alami tanda-tanda, bisa ditangani beberapa obat atau pembandinghan bila dibutuhkan. Pemilihan tipe penyembuhan bergantung pada ukuran, lokasi, sampai banyaknya.

Bunda, walau tidak ada langkah menghambat miom tetapi pastikan selalu untuk jaga gaya hidup yang sehat dan selalu mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang imbang.

About Author

Ayu Dwi Amira