37°C
27 February 2024
Gaya Hidup

Kurangi Efek Samping Masker Kopi yang Berbahaya

  • September 27, 2023
  • 3 min read

Hibunda – Masker muka dari kopi adalah langkah paling simpel dan dipercayai efisien untuk memberi faedah di kulit. Namun, sedikit yang mengetahui rupanya ada banyak bahaya masker kopi untuk kulit Bunda.

Kopi memiliki kandungan beberapa senyawa berlainan, termasuk cafein, polifenol, dan zat berminyak yang disebutkan diterpen. Senyawa ini bisa dibuktikan banyak memiliki faedah untuk kulit, termasuk kurangi dampak negatif kanker kulit.

Kurangi Efek Samping Masker Kopi yang Berbahaya

Minuman favorite pada pagi hari yang ini memang berguna untuk kulit. Namun, Bunda dianjurkan untuk menghindar dari pemakaiannya dengan terlalu berlebih, terlebih jika dipakai sebagai masker muka.

5 Bahaya Masker Kopi untuk Kulit

Walau termasuk bisa jaga kulit masih tetap lembut dan ceria, berikut beberapa efek beresiko dari masker kopi untuk kulit yang penting Bunda jauhi:

Mengakibatkan kemerahan atau iritasi

Merilis dari situs Everyday Health, cafein bisa juga membuat iritasi kulit, mengakibatkan kemerahan karena kenaikan saluran darah. Bila mempunyai kulit peka, kemungkinan Bunda perlu mengawalinya dengan lakukan tes tempel lebih dulu.

Ampas kopi dapat mengakibatkan robekan micro di kulit, hingga memunculkan kemerahan, iritasi, dan kerusakan di kulit. Ini dapat terjadi saat Bunda memakai masker kopi di wajah dengan terlalu berlebih atau menggosoknya dengan kasar.

Memunculkan jerawat

Zat tertentu yang diketemukan dalam kopi, seperti cafestol dan kahweol, bisa tingkatkan produksi sebum atau minyak pada kulit. Sebum yang terlalu berlebih bisa mengakibatkan pori-pori mampet dan munculnya jerawat.

Kurangi Efek Samping Masker Kopi yang Berbahaya

Dalam pada itu, berdasar sebagian riset, konsumsi cafein kemungkinan berpengaruh pada kandungan hormon, terutama kortisol, yang bisa memengaruhi timbulnya jerawat. Kenaikan produksi sebum dan infeksi, ke-2 nya berkaitan dengan jerawat, kemungkinan disebabkan karena kenaikan kandungan kortisol.

Tingkatkan kekeringan

Walaupun kopi mempunyai karakter anti-inflamasi, cafein dapat mengambil kelembapan penting dermis. Mengakibatkan, kulit Bunda yang kering semakin lebih rawan munculnya garis-garis lembut dan keriput.

Hal tersebut dapat muncul karena cafein memiliki sifat diuretik, yang bermakna membuat Bunda seringkali membuang air kecil. Pada akhirannya, ini mengakibatkan lenyapnya cairan dan mengakibatkan kulit kekeringan.

Mengakibatkan penuaan awal

Karena cafein membuat terbangun semakin lama dan tingkatkan tingkat energi, banyak peralihan yang terjadi pada tubuh. Tidak seimbangnya hormon menjadi satu diantara faktornya.

Disamping itu, cafein menyempitkan pembuluh darah, hingga merepotkan suplai gizi ke dermis. Ini dapat menyebabkan garis-garis lembut dan keriput. Vasokontriksi batasi saluran oksigen ke dermis, yang membuat terlihat lusuh dan kelihatan lebih pucat.

Membuat kulit jadi lebih peka

Juga penting untuk pertimbangkan produk perawatan kulit yang telah dipakai saat sebelum lakukan eksfoliasi dengan masker muka kopi.

Ini karena beberapa obat dan produk yang dipasarkan bebas bisa mengakibatkan kulit jadi lebih peka atau terkelupas, seperti cream retinoid yang diresepkan atau produk yang memiliki kandungan retinol atau benzoil peroksida.

Ekfoliasi dengan masker kopi waktu memakai produk ini bisa jadi memperburuk keadaan kulit dan membuat memunculkan beberapa permasalahan kulit yang lain.

Langkah Kurangi Dampak Samping Masker Kopi

Berikut panduan singkat untuk Bunda kurangi efek pemakaian masker muka dari ampas kopi:

  • Pakai scrub kopi untuk eksfoliasi kulit tidak lebih dari sekali dalam satu minggu.
  • Baca daftar bahan dan panduan pemakaian saat sebelum mengaplikasikan produk kopi untuk kulit.
  • Bunda dapat memakai masker muka kopi tidak lebih dari 2x satu minggu.
  • Kopi paket memiliki kandungan bahan pengawet dan zat bikinan hingga tidak dianjurkan untuk dipakai dengan tropis di wajah tiap hari.
  • Pakai biji kopi sebagai alternatif bubuk kopi siap gunakan untuk muka menghidrasi reaksi yang bikin rugi.

Nach, tersebut beberapa efek beresiko dari masker kopi untuk kulit yang penting Bunda cermati. Mudah-mudahan berguna, ya, Bunda.

About Author

Ayu Dwi Amira