37°C
27 February 2024
Gizi Makanan

Kenali 3 Jenis Ubi Yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil

  • Oktober 21, 2023
  • 3 min read
Kenali 3 Jenis Ubi Yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil

Hibunda – Ibu hamil harus pilih makanan yang bagus untuk mempertahankan kesehatan diri dan janinnya satu diantaranya dengan ubi. Tipe ubi yang bagus untuk ibu hamil banyak. Ubi mempunyai nilai nutrisi tinggi untuk penuhi keperluan gizi 2 orang pada sebuah badan.

Pada umumnya, ada tiga tipe ubi yang bagus untuk dimakan ibu hamil. Apa sajakah? Baca penuturannya berikut ini.

Kenali 3 Jenis Ubi Yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil

Tipe Ubi yang Bagus untuk Ibu Hamil

  1. Ubi Jalar

a. Kaya Vitamin B6

Kandungan pada vitamin B6 diketahui sanggup menolong dalam pembangunan sel darah merah dan kurangi morning sickness pada ibu hamil. Nach, dalam tiap cangkir ubi jalar memiliki kandungan 0,6 mg vitamin B6. Sementara pada ibu hamil, dianjurkan oleh The American Pregnancy Association untuk konsumsi vitamin B6 sekitar 1,9 miligram setiap hari.

b. Kaya Serat

Salah satunya tanda-tanda yang kerap dirasakan ibu hamil ialah sembelit. Untuk menangani hal tersebut, ibu hamil memerlukan konsumsi serat sekitar 28-34 gr setiap hari. Diketahui dalam secangkir ubi jalar memiliki kandungan 6,6 gr serat. Anda bisa sesuaikan konsumsi ubi jalar untuk penuhi keperluan serat harian.

Disamping itu, konsumsi makanan yang kaya serat bisa membuat Anda kenyang semakin lama hingga pas untuk mengatur berat tubuh saat hamil untuk menghambat penyakit seperti diabetes gestasional yang bisa menerpa ibu hamil.

c. Kaya Vitamin A

Kandungan pada vitamin A dalam secangkir ubi jalar yang direbus bersama kulitnya ialah 1922 mikrogram. Sementara menurut The American Pregnancy Association, ibu hamil dianjurkan konsumsi 700 mg vitamin A setiap hari.

d. Memiliki kandungan Vitamin C dan Zat Besi

Menurut The National Institute of Health, ibu hamil memerlukan konsumsi vitamin C sekitar 80-85 mg dan 27 mg zat besi. Ubi jalar yang diproses langkah dipanggang bersama kulitnya memiliki kandungan 39,2 mg vitamin C dan 1,38 mg zat besi setiap cangkirnya.

e. Memiliki kandungan Kalium atau Potasium

Keperluan kalium atau potasium ibu hamil sekitaran 4,7 gr setiap hari dan bertambah jadi 5,1 gr saat melahirkan. ibu bisa penuhi keperluan ini dengan konsumsi satu cangkir ubi jalar.

  1. Ubi Kayu atau Singkong

Tipe ubi yang setelah itu ubi kayu. Tipe ubi ini berguna untuk ibu hamil karena kandungan gizinya yang memberikan dukungan kesehatan ibu hamil dan tumbuh berkembang janin. Baca rincian di bawah ini.

a. Mempunyai Kandungan Serat yang Tinggi

Ubi kayu atau singkong kaya serat. Kandungan serat didalamnya tidak bisa terlarut di air atau umum disebutkan insoluble fiber. Dengan konsumsi ubi ini bisa menolong supaya aliran cerna masih tetap sehat dan lancar.

b. Kaya Protein

Tipe ubi kayu memiliki kandungan protein semakin tinggi dibandingkan tipe ubi lainnya.

c. Menghindari Ibu Hamil dari Insomnia

Bukan hanya pada buahnya, daun ubi kayu atau singkong ini berguna untuk ibu hamil untuk menangani insomnia.

d. Kaya Anti-oksidan

Ubi kayu bisa dibuktikan sanggup mencegah radikal bebas. hal tersebut disebabkan karena kandungan ubi kayu yang kaya anti-oksidan. Dengan demikian, ibu hamil sanggup terbebas dari beragam jenis penyakit dan infeksi karena terkena radikal bebas.

  1. Ubi Ungu

Ubi ungu diyakinkan sanggup mengatur kandungan gula darah dalam tubuh ibu hamil.

Ubi ungu menolong mempertahankan kesehatan kulit karena kurangnya vitamin C. Biasanya ibu hamil memerlukan konsumsi vitamin C 2x semakin banyak. Ubi ungu mempunyai vitamin C lebih banyak dari tipe umbi-umbian lainnya.

Ubi ungu dipercayai sanggup menghindari ibu hamil dari penyakit serangan jantung koroner lewat kandungan-kandungan yang terdapat didalamnya.

Demikian 3 tipe ubi yang bagus untuk ibu hamil. Sesudah ketahui itu, bisa Anda menjadikan pemikiran sebagai salah satunya opsi makanan untuk penuhi keperluan gizi harian.

About Author

Ayu Dwi Amira