37°C
28 February 2024
Gizi Makanan

Jenis Ikan Terbaik yang Cocok Dikonsumsi Ibu Hamil

  • Oktober 6, 2023
  • 3 min read
Jenis Ikan Terbaik yang Cocok Dikonsumsi Ibu Hamil

Hibunda – Banyak dogma yang menyebutkan jika ibu hamil jangan makan ikan. Walau sebenarnya, makanan ini banyak memiliki faedah untuk mendukung perubahan janin sepanjang kehamilan. Apa ikan yang baik untuk ibu hamil?

Tipe ikan yang baik untuk ibu hamil
Ikan adalah sumber protein dan asam lemak omega-3 yang bagus untuk ibu hamil. Tetapi, tidak seluruhnya ikan bisa dimakan.

Ole Gunnar Solskjaer Kritik Pemain

Saat hamil, Sebaiknya anda menghindar dari ikan yang mengandung merkuri yang lebih tinggi. Masalahnya paparan merkuri bisa mengusik perubahan mekanisme saraf calon bayi dalam kandungan.

Berikut sejumlah tipe ikan yang baik untuk ibu hamil, baik sepanjang hamil muda atau tua.

Lele

Lele adalah ikan dengan beberapa kandungan nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Konsumsi ikan ini memberikan konsumsi protein, vitamin B12, fosfor, kalium, sampai vitamin D.

Disamping itu, ikan lele mempunyai kandungan asam lemak omega-3 yang lebih tinggi. Dalam 100 g ikan lele, terdapat asam lemak omega-3 sekitar 29,9 gr.

Ikan lele rendah kandungan merkuri hingga aman untuk ibu hamil. Dalam satu minggu, Anda bisa mengkonsumsinya dua sampai 3x.

Salmon

Salmon mempunyai kandungan asam lemak omega-3 tinggi yang bagus untuk perubahan janin. Konsumsinya bisa kurangi dampak negatif kelahiran prematur dan hipertensi pada ibu hamil.

Ikan yang baik untuk ibu hamil ini kaya kandungan protein. Konsumsi protein bisa turunkan dampak negatif tekanan darah tinggi sekalian perkuat mekanisme imun ibu hamil.

Walau demikian, pastikan Anda konsumsi ikan ini dalam keadaaan betul-betul masak. Bila tidak, ibu hamil beresiko diserang infeksi bakteri Listeria monocytogenes.

Tuna

Tuna adalah ikan yang kaya kandungan protein, vitamin, mineral, DHA, dan EPA. Kandungan ini memiliki banyak faedah untuk perubahan janin.

Bermacam faedah lainnya bisa juga didapat dari konsumsi ikan ini sepanjang kehamilan, salah satunya:

  • kurangi dampak negatif keguguran,
  • menghambat kelahiran prematur,
  • menghambat stres pascamelahirkan,
  • memaksimalkan peranan mekanisme saraf, sampai
  • kurangi dampak negatif kompleksitas kehamilan.

Tetapi, konsumsinya jangan terlalu berlebih karena tuna termasuk tipe ikan yang lebih tinggi merkuri. Food and Drugs Administration (FDA) menyebutkan, ikan ini cuma bisa dimakan sekitar 340 gr /minggu oleh ibu hamil.

Sarden

Dibanding tuna dan lele, sarden memiliki kandungan merkuri lebih rendah. Tidak itu saja, sarden mempunyai kandungan nutrisi yang tidak kalah atas ikan laut yang lain.

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan ini menolong memberikan dukungan perubahan otak janin. Disamping itu, omega-3 berperanan untuk memberikan dukungan kesehatan jantung calon bayi.

Ikan yang mengandung merkuri rendah seperti sarden bisa dimakan dua atau 3x dalam satu minggu.

Ikan kembung

Ikan kembung adalah salah satunya tipe ikan yang kaya protein. Protein tinggi dalam ikan yang baik untuk ibu hamil ini berguna untuk:

  • menghambat stunting semenjak dalam kandungan,
  • mempertahankan kesehatan otot bayi, dan
  • menghambat peningkatan berat tubuh berlebihan sepanjang hamil.

Tidak cuma protein, ikan ini adalah sumber asam lemak omega-3 yang bagus. Lemak sehatkan ini bisa jaga metabolisme badan ibu hamil dan mendukung perubahan janin.

Kandungan kalsium pada ikan kembung bermanfaat untuk menghambat tulang keropos pada ibu hamil. Beberapa dari Anda kemungkinan sudah mengetahui jika keperluan kalsium pada ibu hamil sangat tinggi.

Konsumsi ikan memang bagus untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. Tetapi, pastikan Anda tidak mengkonsumsinya dengan terlalu berlebih.

Supaya semakin aman, seharusnya Anda konsultasi ke dokter saat sebelum konsumsi tipe ikan tertentu. Nanti, dokter akan tentukan apa Anda bisa konsumsi ikan itu atau mungkin tidak.

About Author

Ayu Dwi Amira