37°C
28 February 2024
Menyusui

Ibu Menyusui Tidak Di Larang Minum Es dan Soda

  • Desember 21, 2023
  • 2 min read
Ibu Menyusui Tidak Di Larang Minum Es dan Soda

Hibunda – Selama masa menyusui, banyak ibu yang khawatir tentang apa yang boleh dan tidak boleh mereka makan atau minum. Salah satu hal yang sering menjadi pertanyaan adalah apakah ibu menyusui boleh minum es dan soda.

Pada dasarnya, ibu menyusui tidak dilarang untuk minum es dan soda. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak berdampak negatif pada bayi.

Kandungan gula dan kalori

Es dan soda biasanya mengandung gula dan kalori yang tinggi. Hal ini perlu diperhatikan karena ibu menyusui membutuhkan asupan kalori yang lebih tinggi daripada wanita normal. Jika ibu menyusui mengonsumsi terlalu banyak gula dan kalori, dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat.

Selain itu, gula dan kalori yang berlebihan juga dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung pada bayi.

Kandungan kafein

Beberapa jenis soda mengandung kafein. Kafein dapat melewati ASI dan masuk ke tubuh bayi. Bayi yang mengonsumsi ASI yang mengandung kafein dapat menjadi lebih rewel, sulit tidur, dan mudah tersinggung.

Oleh karena itu, ibu menyusui sebaiknya membatasi asupan kafeinnya, termasuk dari minuman seperti kopi, teh, dan soda. Batas aman konsumsi kafein bagi ibu menyusui adalah 200 miligram per hari.

Kandungan alkohol

Es dan soda yang dijual di pasaran biasanya tidak mengandung alkohol. Namun, ada beberapa jenis soda yang mengandung alkohol, seperti bir dan anggur.

Ibu menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi soda yang mengandung alkohol. Alkohol dapat melewati ASI dan masuk ke tubuh bayi. Bayi yang mengonsumsi ASI yang mengandung alkohol dapat mengalami keracunan alkohol.

Tips untuk ibu menyusui yang ingin minum es dan soda

Jika ibu menyusui tetap ingin minum es dan soda, berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti:

  • Pilih es dan soda yang tidak mengandung gula atau kalori tambahan.
  • Batasi asupan kafeinnya, termasuk dari minuman seperti kopi, teh, dan soda.
  • Hindari minum es dan soda yang mengandung alkohol.

Berikut adalah beberapa contoh es dan soda yang aman untuk ibu menyusui:

  • Es teh tanpa gula
  • Es kopi tanpa gula
  • Soda dengan rasa buah
  • Soda dengan rasa herbal

Ibu menyusui juga perlu memperhatikan asupan nutrisinya secara keseluruhan. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar bayi mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya.

About Author

Ayu Dwi Amira