37°C
27 February 2024
Kesehatan

Gizi Seimbang Akan Membantu Pola Hidup Sehat

  • September 27, 2023
  • 4 min read
Gizi Seimbang Akan Membantu Pola Hidup Sehat

Hibunda – Ketika taman kanak-kanak (TK) atau sekolah dasar (SD), kamu mengenali istilah empat sehat lima prima. Bersamaan mengembangnya keperluan gaya hidup sehat, dasar itu berbeda.

Sekarang ini umumnya negara, termasuk Indonesia, dikenalkan pada gaya hidup sehat dengan dasar piramida makanan atau piring makanan.

Di sejumlah negara Eropa mengenalkan skema makan sehat dengan pembagian jatah makanan lewat piring. Dalam pada itu, di Indonesia memakai piramida nutrisi imbang.

Gizi Seimbang Akan Membantu Pola Hidup Sehat

Tetapi, konsep dasar dari dasar makan sehat itu sebetulnya sama yakni mengaplikasikan nutrisi imbang.

Implementasi Dasar Nutrisi Imbang

Nutrisi imbang ialah formasi konsumsi makanan setiap hari berdasar tipe dan jumlah zat gizinya disamakan keperluan harian badan. Keperluan nutrisi awal disanggupi memerhatikan konsep keberagaman pangan, kegiatan fisik, sikap hidup bersih, dan menjaga berat tubuh normal. Ini dilaksanakan untuk menghambat masalah nutrisi.

Nutrisi imbang yakni jika konsumsi makanan cukup secara jumlah, kualitas, dan memiliki kandungan beragam zat nutrisi yang diperlukan badan. Maksudnya supaya kesehatan badan terbangun, perkembangan prima (pada beberapa anak), zat nutrisi disimpan, dan kegiatan dan peranan kehidupan setiap hari jalan maksimal.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ada sepuluh dasar nutrisi imbang yang penting dimengerti, yakni:

  • Lakukan konsumsi bermacam macam makanan dasar.
  • Bataskan konsumsi panganan manis, asin, dan berlemak.
  • Kerjakan kegiatan fisik yang cukup dan jaga berat tubuh bagus.
  • Lakukan konsumsi lauk pauk yang memiliki kandungan protein tinggi.
  • Bersihkan tangan gunakan sabun sama air mengucur.
  • Lakukan makan pagi pagi.
  • Lakukan minum air putih yang cukup dan aman.
  • Banyak makan sayur dan buah.
  • Lakukan membaca cap pada paket pangan.
  • Sukuri dan cicipi bermacam macam makanan.

Implementasi nutrisi imbang pada gaya hidup sehat pada konsepnya terdapat empat pilar. Pada intinya, ke-4 konsep ini ialah usaha untuk menyamakan di antara zat nutrisi yang keluar dan masuk, dan mengatur berat tubuh dengan teratur.

Gizi Seimbang Akan Membantu Pola Hidup Sehat

Adapun empat pilar nutrisi imbang, yakni:

Konsumsi Bermacam Macam Makanan

Tidak ada makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan oleh badan. Misalkan, nasi memiliki kandungan kalori, tetapi dia rendah mineral dan vitamin. Buah dan sayur memiliki kandungan banyak vitamin, mineral dan serat, tetapi mereka rendah kalori dan protein. Oleh karena itu, kamu disarankan konsumsi beragam macam makanan dengan teratur tiap hari. Konsumsinya harus dalam pembagian makanan yang imbang dalam jumlah cukup dan tidak terlalu berlebih.

Sikap Hidup Bersih

Sikap hidup bersih berguna untuk menghambat badan dari infeksi penyakit. Infeksi adalah aspek khusus yang mempengaruhi status nutrisi. Orang yang alami penyakit infeksi bisa alami pengurangan selera makan, hingga zat nutrisi yang masuk ke dalam badan juga menyusut. Saat badan terkena, dia memerlukan semakin banyak konsumsi zat nutrisi. Ini memperlihatkan jika kekurangan nutrisi dan infeksi penyakit mempunyai jalinan.

Teratur Melakukan aktivitas Fisik

Kegiatan fisik ialah semua aktivitas badan, termasuk olahraga yang menjadi satu diantara langkah untuk menyamakan keluar dan masuknya zat nutrisi, khususnya sumber energi khusus dan badan. Kegiatan fisik berguna juga saat membuat lancar metabolisme, termasuk metabolisme zat nutrisi. Seharusnya kerjakan kegiatan fisik minimal 3x dalam satu minggu dengan durasi waktu 30 menit per sesion.

Menjaga Berat Tubuh Normal

Salah satunya ukurannya yang memberikan jika terjadi kesetimbangan nutrisi pada tubuh yakni mempunyai berat tubuh yang imbang dalam Index Massa Badan (IMT). Implementasi gaya hidup nutrisi imbang akan terhindar dari kekurangan atau kelebihan berat tubuh.

Berdasar data Departemen Kesehatan RI, di Indonesia implementasi nutrisi imbang ditujukan untuk memberikan peralihan ke yang lebih bagus. Seperti kebiasaan stunting yang alami pengurangan dari 37,2 % di tahun 2013 jadi 30,2 % di tahun 2018.

Tetapi, di lain sisi, angka kegemukan alami kenaikan dari 14,8 % di tahun 2013 jadi 21,8 % di tahun 2019. Tersebut penyebabnya, konsep nutrisi imbang penting untuk menghambat permasalahan kesehatan.

Jika kamu mempunyai pertanyaan atau permasalahan berkaitan nutrisi, kamu bisa menanyakan pada dokter Halodoc, kapan pun dan dimanapun. Pengatasan yang awal tentu saja akan membuat penyembuhan jadi lebih gampang dilaksanakan.

About Author

Ayu Dwi Amira