37°C
27 February 2024
Gaya Hidup

Gaya Hidup Sehat Menurunkan Risiko Depresi

  • Desember 9, 2023
  • 2 min read
Gaya Hidup Sehat Menurunkan Resiko Depresi

Hibunda – Depresi adalah gangguan mental yang ditandai dengan perasaan sedih, kehilangan minat, dan perubahan pola tidur dan nafsu makan. Depresi dapat memengaruhi cara seseorang merasa, berpikir, dan berperilaku, sehingga dapat menyebabkan berbagai masalah emosional dan fisik.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang paling umum di dunia. Sekitar 280 juta orang di dunia mengalami depresi pada tahun 2020.

Penyebab depresi masih belum sepenuhnya dipahami, tetapi diperkirakan dipengaruhi oleh faktor genetik, lingkungan, dan gaya hidup.

Penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup sehat dapat membantu menurunkan risiko depresi. Berikut adalah beberapa gaya hidup sehat yang dapat mengurangi risiko depresi:

  • Aktivitas fisik teratur

Aktivitas fisik teratur dapat membantu meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine menemukan bahwa aktivitas fisik teratur dapat menurunkan risiko depresi sebesar 14 persen.

  • Pola makan sehat

Pola makan sehat yang kaya akan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh dapat membantu meningkatkan kesehatan mental. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal The American Journal of Psychiatry menemukan bahwa pola makan sehat dapat menurunkan risiko depresi sebesar 6 persen.

  • Tidur yang cukup

Tidur yang cukup penting untuk kesehatan fisik dan mental. Orang dewasa direkomendasikan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Sleep menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam per malam lebih berisiko mengalami depresi.

  • Menghindari alkohol

Konsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan risiko depresi. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal The American Journal of Psychiatry menemukan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah sedang dapat menurunkan risiko depresi sebesar 11 persen.

  • Tidak merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko depresi. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet Psychiatry menemukan bahwa orang yang merokok lebih berisiko mengalami depresi.

  • Hubungan sosial yang positif

Hubungan sosial yang positif dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mental hidup sehat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Social Science & Medicine menemukan bahwa orang yang memiliki hubungan sosial yang positif lebih berisiko mengalami depresi.

Dengan menerapkan gaya hidup sehat, kita dapat membantu menurunkan risiko depresi. Jika Anda mengalami gejala depresi, penting untuk mencari bantuan profesional.

About Author

Ayu Dwi Amira