37°C
28 February 2024
Gaya Hidup

Fakta Ghisca Debora Penipu Tiket Coldplay

  • November 22, 2023
  • 3 min read
Fakta Ghisca Debora Penipu Tiket Coldplay

Hibunda – Nama Ghisca Debora Aritonang tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat Indonesia. Bukan tanpa alasan, perempuan 19 tahun ini telah melakukan penipuan tiket konser Coldplay dan meraup keuntungan sampai Rp5,1 miliar.

Coldplay baru saja menggelar konser perdananya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), pada Rabu (15/11/2023). Sejak pengumuman konsernya itu, masyarakat berbondong-bondong berusaha mendapatkan tiketnya.

Bahkan, tak sedikit dari mereka yang rela membayar mahal untuk mendapatkan tiket konser band asal Inggris ini. Akan tetapi, sangat disayangkan banyak dari mereka yang gagal nonton band kesayangannya itu karena mengalami penipuan.

Fakta Ghisca Debora Penipu Tiket Coldplay

Salah satu kasus penipuan ini juga dilakukan oleh seorang perempuan bernama Ghisca. Ia berhasil meraup keuntungan miliaran rupiah lewat penjualan tiket konser tersebut.

5 fakta Ghisca Debora penipu tiket konser Coldplay

Berikut adalah beberapa fakta buntut kasus penipuan tiket Coldplay yang dilakukan oleh Ghisca.

  1. Jadi tersangka penipuan di usia 19 tahun

Usai beredar keluhan para korban tentang Ghisca yang membawa kabur uang sebanyak miliaran rupiah dan kemudian berujung laporan, Polres Metro Jakarta Pusat akhirnya menetapkan perempuan 19 tahun sebagai tersangka kasus penipu modus jual-beli tiket konser Coldplay.

Tak disangka ternyata, modus jual-beli tiket konser ini sudah dilakukan Ghisca sejak 2022. Hal itu diungkap langsung oleh pihak kepolisian.

“Jadi tersangka profilnya sejak tahun 2022 itu sudah sering menjadi reseller tiket konser-konser internasional,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro, dikutip dari laman detikcom, Selasa (21/11/2023).

Polisi diketahui menetapkan Ghisca sebagai tersangka setelah dilakukan gelar perkara pada Jumat (17/11/2023). Di hari yang sama, Ghisca ditangkap dan ditahan.

  1. War dapat 39 tiket Coldplay

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, Ghisca diketahui menipu korbannya hanya dengan modal 39 tiket yang berhasil didapatkan saat war tiket.

“Adapun modusnya, setelah war tiket, yang sekitar pertengahan bulan Mei, GDA ini juga war tiket dapat sekitar 39 tiket dan sudah diserahkan,” ujar Susatyo.

Ia pun tercatat telah melakukan penipuan sebanyak 2.268 tiket yang ditotal senilai Rp5,1 miliar.

  1. Bohong mengaku dekat dengan promotor Coldplay

Polisi juga menyebut Ghisca telah berbohong terkait isu kedekatannya dengan promotor konser Coldplay. Pengakuan Ghisca itu juga menjadi salah satu tipu dayanya untuk menarik perhatian para korban.

“Sampai dengan saat ini, keterangan bahwa yang bersangkutan memiliki kedekatan atau perantara itu adalah bohong, itu tidak benar,” ungkap Susatyo.

  1. Punya barang branded dan sempat ke Belanda

Polisi amankan beberapa barang bukti Ghisca yang dinyatakan sebagai tersangka penipuan tiket konser Coldplay. Barang tersebut termasuk mutasi rekening dan barang-barang bermerek miliknya yang dibeli sejak bulan Mei atau sejak Ghisca menerima uang pemesanan tiket.

“Total barang bukti ini kurang lebih ada Rp600 juta dan sisanya hampir sekitar Rp2 miliar, itu digunakan pribadi oleh tersangka dan saat ini kami masih melakukan pengembangan terhadap uang atau barang hasil kejahatan yang dilakukan oleh tersangka,” ujar pihak Kapolres.

Tak hanya itu, Ghisca juga menggunakan uang itu untuk pergi ke Belanda pada Mei sampai November 2023.

“Sesuai data perlintasan paspor, pernah ke Belanda,” ujar Susatyo.

“Sampai saat ini kami masih mendalami semua informasi yang diberikan oleh masyarakat terkait ada uang mengalir ke Belanda dan sebagainya. Kami juga sudah menyita paspor, kami cek perjalanannya dan apa yang dilakukan di luar negeri. Mohon waktunya kami masih lakukan pengembangan terhadap kasus ini,” imbuhnya.

  1. Terancam 4 tahun penjara

Penipuan yang telah dilakukan Ghisca membawanya ke balik jeruji besi, ia terancam hukuman empat tahun penjara.

“Sesuai dengan KUHP Pasal 378 dan/atau Pasal 372. Pasal 378 itu 4 tahun dan/atau pasal penggelapan itu hukumannya 4 tahun,” ujar Susatyo.

Saksikan video fakta Rahmania Astrini yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

About Author

Ayu Dwi Amira