37°C
28 February 2024
Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan Mata

  • November 9, 2023
  • 4 min read
Cara Menjaga Kesehatan Mata

Hibunda – Peranan mata sangat penting untuk manusia. Karena itu, kesehatannya harus terus dijaga. Nach, ada cara-cara mempertahankan kesehatan mata yang bisa Anda kerjakan. Dengan mata yang sehat, Anda juga bisa menyaksikan secara jelas dan lakukan kegiatan rutin setiap hari lebih nyaman.

Tiap kegiatan yang sudah dilakukan setiap hari, tidak lepas dari peranan mata sebagai indra pandangan. Walau perannya dapat turun bersamaan bertambahnya umur, tapi Anda masih tetap dapat lakukan beragam usaha untuk mempertahankan kesehatan mata dan menghambatnya dari beragam penyakit mata.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Langkah Jaga Kesehatan Mata

Ingat keutamaan peranan mata, ada banyak hal yang dapat Anda kerjakan untuk mempertahankan kesehatan mata, diantaranya:

  1. Kontrol mata dengan teratur

Tiap orang, dimulai dari beberapa anak sampai lanjut usia, disarankan untuk periksakan mata dengan teratur minimal dua tahun sekali. Orang dewasa yang telah berumur lebih dari 40 tahun, bahkan juga dianjurkan untuk periksakan mata satu tahun sekali.

Ini mempunyai tujuan untuk menghambat penyakit mata yang terkait dengan bertambahnya umur, seperti degradasi makula, glaukoma, dan katarak.

Lewat pemeriksaan mata, dokter bisa mengawasi keadaan mata dan mengetahui sejak awal permasalahan pada mata karena penyakit tertentu, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Disamping itu, pemeriksaan mata perlu dikerjakan jika Anda mempunyai kisah penyakit mata yang di turunkan dengan genetik dari orangtua pada anak. Dengan begitu, cara pengatasan bisa dilaksanakan tepat dan cepat.

  1. Mengonsumsi makanan yang bergizi

Untuk mempertahankan kesehatan mata, Anda dianjurkan untuk konsumsi makanan memiliki nutrisi yang kaya kandungan pada vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3.

Sejumlah gizi di atas diketahui bisa mencegah permasalahan mata berkaitan umur, contohnya katarak dan degradasi makula. Anda bisa mendapat beragam gizi itu dengan konsumsi sayur hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, dan jeruk.

  1. Jauhi pemakaian gawai kelamaan

Melihat monitor computer atau handphone kelamaan bisa mengakibatkan mata capek. Tanda-tandanya dapat berbentuk sakit di kepala, ngilu leher, sakit pada pundak dan punggung, mata kering, dan pandangan jadi kabur.

Bila Anda bekerja di muka computer selama seharian, istirahatkan mata dengan mengubah pandangan sepanjang 20 detik, tiap 20 menit sekali. Anda bisa juga istirahatkan mata sepanjang 15 menit tiap 2 jam sekali.

Jika mata berasa kering, Anda dapat kerap mengedipkan mata atau memakai obat tetes mata.

  1. Jauhi pancaran cahaya ultraviolet

Tidak cuma kulit, mata perlu diproteksi dari dampak beresiko cahaya ultraviolet. Ini karena mata yang sering terkena cahaya ultraviolet lebih beresiko alami katarak, degradasi makula, kornea kebakar, serta kanker mata.

Karena itu, Anda dianjurkan untuk menggunakan kacamata hitam yang bisa membuat perlindungan mata dari cahaya UVA dan UVB atau memakai topi bertepi lebar waktu melakukan aktivitas pada siang hari.

  1. Stop rutinitas merokok

Merokok bisa tingkatkan dampak negatif berlangsungnya penyakit katarak, degradasi makula, dan kerusakan saraf optik yang sanggup mengakibatkan kebutaan dan menghancurkan retina mata. Karena itu, jika Anda seorang perokok aktif, stop rutinitas merokok mulai saat ini .

  1. Berhati-hati waktu memakai make-up

Make-up berwujud cairan atau cream biasanya rawan akan perkembangan bakteri jika kelamaan tidak dipakai. Karena itu, membuang dan mengganti make-up Anda apabila sudah tiga bulan dipakai. Jauhi juga sama-sama share gunakan alat dandan.

Disamping itu, pastikan untuk membersihkan muka sampai bersih sebelum serta sesudah menggunakan make-up. Bila teriritasi atau infeksi mata saat kenakan make-up, hapus dandanan dan selekasnya kontrol diri ke dokter.

  1. Olahraga dengan teratur

Sebuah riset mengutarakan jika olahraga bisa kurangi dampak negatif penyakit mata serta turunkan dampak negatif kehilangan pandangan karena tekanan darah tinggi, diabetes, dan kandungan cholesterol yang lebih tinggi.

Selainnya beragam langkah di atas, Anda pun disarankan untuk menghindar dari rutinitas membaca pada tempat gelap. Waktu membaca, menjaga jarak di antara mata dan buku atau object bacaan sekitar sekitaran 25-30 cm, termasuk saat Anda sedang membaca sekalian tiduran.

Langkah mempertahankan kesehatan mata bisa dilaksanakan tidak meremehkan beragam permasalahan pada mata. Tetapi, bila keluh kesah pada mata jadi berlanjut atau mata berasa sakit, lebam, dan mengakibatkan pandangan Anda terusik, jangan sangsi agar selekasnya periksakan mata ke dokter.

About Author

Ayu Dwi Amira