37┬░C
27 February 2024
Kehamilan

Cara Aman Mengejan BAB Bagi Ibu Hamil

  • November 21, 2023
  • 3 min read
Cara Aman Mengejan BAB Bagi Ibu Hamil

Hibunda – Saat melahirkan terutama secara pervaginam, banyak Bunda yang mengeluh berlangsungnya permasalahan saat BAB. Permasalahan yang biasa terjadi ialah sembelit yang kerap kali karena Bunda takut untuk melafalkann saat melahirkan.

Disamping itu, sesudah melahirkan banyak Bunda yang bertanya amankah untuk melafalkann saat BAB? Pertanyaan ini umumnya ada karena rasa cemas Bunda pada jahitan saat melahirkan.

Cara Aman Mengejan BAB Bagi Ibu Hamil

Bila Bunda bertanya akan ini, telah waktunya membaca artikel berikut sampai habis untuk ketahui jawabnya.

Melafalkann saat BAB sesudah melahirkan pervaginam

Saat melahirkan permasalahan BAB yang biasa dirasa ialah sembelit atau sulit BAB. Sembelit sesudah melahirkan dapat disebabkan karena beberapa hal dimulai dari hormon sampai pola hidup.

“Banyak faktor yang mempengaruhi proses bab selesai melahirkan, termasuk hormon, apa yang Anda makan, dan berapa banyak Anda minum. Infeksi, virus, atau reaksi pada antibiotik yang dipakai di dalam rumah sakit bisa mempengaruhi gerakan usus Anda,” ungkapkan Christine Masterson, kepala sisi servis wanita dan anak di Summit Medical Grup, d ikutip dari Very Well Famili.

Saat sembelit tentu saja feses jadi lebih susah untuk keluar dan membuat Bunda harus melafalkann untuk mengeluarkannya. Melafalkann saat BAB saat melahirkan sebenarnya dibolehkan, tetapi harus diingat jika Bunda dilarang untuk melafalkann terlampau keras.

Melafalkann terlampau keras saat BAB saat melahirkan dengan pervaginam dapat mengakibatkan wasir, Bunda. Ini karena saat melahirkan dengan pervaginam Bunda sudah melafalkann dengan kuat apabila saat BAB saat melahirkan Bunda melafalkann kembali, karena itu dampak negatif berlangsungnya wasir akan bertambah.

Bila Bunda memperoleh jahitan saat melahirkan tidak harus cemas untuk melafalkann sedikit saat BAB. Jahitan yang dibikin saat melahirkan dengan pervaginam sudah dibikin benar-benar kuat untuk meredam penekanan. Tetapi, ingat ya Bunda melafalkannnya jangan terlampau kuat.

Permasalahan BAB saat melahirkan pervaginam memang hal yang normal, tetapi sebaiknya untuk menghindar dari permasalahan itu. Ada cara-cara yang dapat Bunda coba supaya BAB saat melahirkan jadi lebih gampang.

Langkah supaya BAB lancar sesudah melahirkan

  • Konsumsi air putih yang cukup

Konsumsi air putih akan jadi poin penting dalam beragam kondisi dan situasi, termasuk saat melahirkan. Selainnya untuk menolong produksi ASI, konsumsi air putih yang cukup sesudah melahirkan bisa juga menghambat sembelit, Bunda.

Wanita dianjurkan untuk minum 8 sampai 10 gelas air putih setiap hari saat melahirkan. Selainnya air putih Bunda bisa juga konsumsi juice buah yang kaya serat untuk menghindar dari sembelit.

  • Jangan meredam BAB

Walau cemas untuk BAB sesudah melahirkan, Bunda benar-benar tidak dianjurkan untuk meredamnya. Meredam BAB bisa membuat feses jadi lebih keras serta lebih sulit untuk dikeluarkan.

Karena itu, bila merasa ingin BAB selekasnya ke kamar mandi ya Bunda. Jika merasa cemas untuk melafalkann, Bunda dapat melakukan dengan perlahan-lahan.

  • Olahraga enteng

Merilis dari What to Expect, olahraga enteng bisa juga menolong untuk memperlancar BAB saat melahirkan dengan pervaginam. Olahraga yang dapat Bunda kerjakan ialah jalan pagi sepanjang 15 sampai 30 menit. Pastikan keadaan badan telah betul-betul fit saat sebelum mengawali olahraga ya.

  • BAB dengan posisi jongkok

Langkah seterusnya supaya BAB jadi lebih gampang saat melahirkan ialah dengan atur posisi BAB, Bunda. Sesudah melahirkan BAB dengan posisi jongkok benar-benar dianjurkan. Ini karena posisi jongkok akan membuat BAB lebih gampang karena faktor gravitasi.

Itulah panduan untuk membikin BAB lebih gampang saat melahirkan. Panduan mana yang telah Bunda aplikasikan?

About Author

Ayu Dwi Amira