37°C
27 February 2024
Menyusui

Cara Agar ASI Ibu Menyusui Mengandung Lebih Banyak Lemak

  • September 27, 2023
  • 5 min read
Cara Agar ASI Ibu Menyusui Mengandung Lebih Banyak Lemak

Hibunda – ASI yang berlemak lebih memberi gizi lebih dari bayi. Nach, bagaimana ya langkah membuat ASI Bunda memiliki kandungan semakin banyak lemak supaya BB Sang Kecil semakin bertambah? Cari info yok, Bunda.

ASI memiliki kandungan gizi yang terpenting untuk tumbuh berkembang bayi di sejumlah bulan awal. Ini sediakan jumlah lemak yang diperlukan untuk perkembangan dan perubahan bayi.

Karena itu, agenda pemberian makan yang teratur ialah sesuatu kewajiban. Tetapi, jumlah lemak dalam ASI bervariatif selama seharian, hingga kemungkinan memunculkan kekuatiran untuk beberapa ibu. Tetapi, Bunda tidak butuh cemas karena ini seutuhnya natural serta tidak mempengaruhi kesehatan anak.

ASI Ibu Menyusui Mengandung Lebih Banyak Lemak

Langkah supaya ASI memiliki kandungan semakin banyak lemak

ASI adalah sumber yang kaya lemak sehat, karbohidrat kompleks, protein, oligosakarida, vitamin, dan mineral yang penting untuk perkembangan bayi. Selanjutnya, kolostrum yang disebut cairan kuning yang dibuat payudara dalam beberapa hari awal sesudah lahir, memiliki kandungan anti-bodi yang perkuat mekanisme ketahanan tubuh bayi baru lahir. Ini memberikan dukungan perubahan dan peranan mekanisme pencernaan bayi.

“Bayi yang dikasih ASI sepanjang enam bulan awal hidupnya ialah bayi yang paling sehat,” tutur Nadine Rosenblum R.N, IBCLC, d ikutip dari situs Hopkinsmedicine. The American Academy of Pediatrics merekomendasikan wanita untuk selalu menyusui, plus tambahan makanan pengiring (padat) mulai umur enam bulan, minimal sepanjang 12 bulan.

The World Health Organization mereferensikan supaya wanita untuk selalu menyusui, plus tambahan makanan padat sesudah enam bulan, sampai anak berumur dua tahun untuk memperoleh hasil kesehatan terbaik.

Faedah ASI memang tidak disangsikan kembali ya, Bunda. Beragam kandungan bagusnya berguna bagus untuk tumbuh berkembang bayi. Kandungan lemak dalam ASI yang membuat bayi semakin bertambah berat tubuhnya karakternya bervariatif selama seharian karena tergantung pada kekosongan payudara. Dengan makin penuh payudara karena itu makin rendah lemaknya.

Cara Agar ASI Ibu Menyusui Mengandung Lebih Banyak Lemak

Walau susah tentukan kandungan lemak dalam ASI, ASI yang berlemak kelihatan lebih kental dibanding ASI yang tidak berlemak. Ini tidak selamanya tepat dan tergantung pada beragam argumen.

Walaupun ada beberapa faktor yang memperlihatkan jika Bunda perlu tingkatkan kandungan lemak dalam ASI, faktor-faktor penting diingat termasuk salah satunya bayi yang tidak berubah berat tubuhnya. Salah satunya tanda jika ASI Bunda tidaklah cukup berlemak ialah saat berat tubuh bayi tidak berubah bahkan juga sesudah kerap menyusu seperti d ikutip dari situs Parenting First Cry.

Bila Bunda merasakan tidak mempunyai cukup lemak dalam ASI Bunda, jangan cemas. Ini ialah kekuatiran yang umum terjadi pada ibu baru. Berita baiknya, ada banyak hal yang dapat Bunda coba untuk tingkatkan lemak dalam ASI.

Tanda terbaik kemungkinan dari permasalahan kandungan lemak dalam ASI Bunda ialah bila berat tubuh bayi tidak berubah. Tetapi, kemungkinan pemicu lain berat tubuh bayi Bunda tidak berubah ialah keengganan untuk makan.

Bila Bunda alami kekurangan lemak dalam ASI, pastikan Bunda meng ikuti panduan berikut ini:

  1. Lihat saat waktu payudara berisi

Waktu dalam satu hari secara krusial mengganti jumlah lemak dalam ASI. Ini berlainan di antara satu ibu dengan ibu yang lain . Maka lihatlah sesion makan harian Bunda dan tulis dalam jurnal.

Apa payudara Bunda terlihat lebih berisi pada pagi hari, siang hari, atau malam hari? Lihatlah catatan sesudah waktu satu minggu. Saksikan adakah skema kepenuhan payudara yang terjadi. Tulis waktu berlangsungnya, dan Bunda bisa mengubah yang tepat.

Bila payudara lebih penuh saat bayi tidur, coba memompa dan simpan ASI. Dengan langkah ini, bayi Bunda dapat memperoleh semua kebaikan itu.

  1. Berapakah lamanya waktu yang terlewati sepanjang menyusui?

Kandungan lemak dalam susu bergantung pada berapa kosong atau penuhnya payudara. Ini terdengarannya bersimpangan dengan insting, tetapi penting untuk diamati ya, Bunda.

Perlu Bunda kenali jika payudara kosong mempunyai kandungan lemak semakin tinggi. Payudara yang penuh mempunyai kandungan lemak yang lebih rendah dalam ASI. Penting untuk menyaksikan waktu yang sudah berakhir semenjak diawalinya pemberian makan.

Foremilk, yakni susu pada awal sesion menyusui, kaya air, protein, dan gizi yang lain, tetapi kandungan lemaknya semakin sedikit. Dan, ada pula susu akhir atau hindmilk, yakni susu mendekati akhir sesion menyusui, mempunyai kandungan lemak yang tinggi sekali.

Bila menurut Bunda bayi tidak memperoleh cukup lemak dalam ASI-nya, memompa ASI bisa menangani permasalahannya. Misalkan, Bunda bisa memompa sepertiga ASI Bunda untuk mengekstrak foremilk. Selanjutnya mulai menyusui. Ini memungkinkannya bayi Bunda terima ASI lebih dulu. Bergantung berapa laparnya mereka, Bunda dapat memberikan susu foremilk dengan botol.

Bila Bunda tidak mempunyai pompa ASI elektrik, langkah murah untuk mengetes sistem ini dan menyaksikan apa sukses dengan coba pompa ASI manual. Panduan yang lain dengan menambahkan durasi waktu menyusu hingga bayi mendapatkan semakin banyak ASI.

  1. Frekwensi antara sesion menyusui

Bukti yang lain mengenai ASI ialah makin kerap menyusui, makin tinggi jumlah lemak dalam ASI. Ini karena Bunda tidak memberi cukup waktu pada payudara Bunda untuk berisi. Coba memberikan makan Sang Kecil pada waktu yang lebih singkat, tapi beri ia makan seringkali.

Bunda bisa juga coba menyusui sama sesuai keinginan. Selekasnya sesudah Bunda merasa kan payudara mulai berisi, berikan makan Sang Kecil. Dan berikan mereka waktu yang mereka butuhkan untuk isi diri sendiri.

  1. Skema makan

Skema makan Bunda tidak mempengaruhi jumlah lemak dalam ASI Bunda. Tetapi, hal itu mempengaruhi tipe lemak yang di turunkan pada Sang Kecil. Disamping itu, skema makan Bunda memang mempengaruhi gizi yang diterima bayi Bunda seperti d ikutip dari situs Themommyscoach.

Bila Bunda cemas tidak memperoleh gizi yang pas untuk memperoleh ASI yang sehat, jangan cemas. Ada beberapa suplemen dan camilan laktasi yang baik yang bisa menolong Bunda memperoleh apa yang Bunda perlukan pada diet Bunda

Mudah-mudahan infonya menolong ya, Bunda.

About Author

Ayu Dwi Amira