37┬░C
28 February 2024
Kehamilan

Bumil di Gaza Harus Siap Operasi Caesar Tanpa Anastesi

  • November 10, 2023
  • 3 min read
Bumil di Gaza Harus Siap Operasi Caesar Tanpa Anastesi

Hibunda – Akhir-akhir ini sebagian besar perhatian warga tertuju pada perselisihan yang terjadi di antara Israel dan Palestina. Perselisihan persaingan perebutan daerah yang beralih menjadi genosida ini pasti benar-benar merepotkan masyarakat Palestina karena berpengaruh ke semua bidang kehidupan mereka.

Salah satunya bidang penting yang terimbas ialah bidang kesehatan, Bunda. Bidang kesehatan di Gaza betul-betul banyak kehilangan asset seperti beberapa obat sepanjang perang ini berjalan. Salah satunya beberapa obat penting yang tidak ada di situ ialah anastesi.

Bumil di Gaza Harus Siap Operasi Caesar Tanpa Anastesi

Akibatnya karena kurangnya obat untuk anastesi, banyak ibu hamil di Gaza yang perlu siap jalani operasi caesar tanpa anastesi. Bagaimana ceritanya? Yok baca artikel berikut sampai habis.

Keadaan ibu hamil di Gaza

Merilis dari Rompers, sekarang ini di Gaza ada sekitaran 50.000 wanita pada keadaan hamil. Disamping itu, angka kelahiran di Gaza lumayan tinggi, diprediksi sehari-harinya ada 160 bayi yang terlahir di tengah keadaan perang.

Ibu hamil di Palestina hadapi opsi yang susah, pikirkan saja sehari-harinya mereka tetap harus siaga pada teror gempuran yang dapat terjadi kapan pun. Ibu hamil di situ harus juga terima dampak negatif untuk melahirkan di dalam rumah atau evakuasi dengan keadaan yang seadanya.

Bahkan juga, bila melahirkan di dalam rumah sakit secara caesar juga mereka harus siap melakukan tanpa proses anastesi. Bila terjadi kompleksitas saat persalinan tidak banyak juga yang dapat dilaksanakan karena terbatasinya beberapa obat di situ, satu diantaranya antibiotik.

“Ambil dampak negatif melahirkan pada tempat tinggal mereka dan hadapi teror bombarder atau coba ke arah salah satunya sarana kesehatan yang tetap berperan dengan lumayan baik. Walaupun padat, tidak higienis, apabila mereka memerlukan operasi caesar, bukti yang kelihatan saat ini ialah jika banyak dari mereka dilaksanakan tanpa anestesi dan di mana wanita harus pulang secara jalan kaki,” kata Laila Baker, direktur regional Negara-Negara Arab saat diinterviu oleh Al Jazeera.

Melahirkan dengan proses caesar tentu saja memerlukan kontribusi dari anastesi supaya persalinan jalan secara nyaman dan Bunda tidak merasa kan merasa sakit yang terlalu berlebih. Tetapi, sebetulnya anastesi tipe apa yang dipakai sepanjang operasi caesar berjalan?

Anastesi saat operasi caesar

Sepanjang proses operasi caesar berjalan, umumnya dokter akan memakai anastesi atau bius lokal. Merilis dari Very Well Famili, bius lokal ialah tipe anastesi yang membuat beberapa badan tidak merasa kan ngilu.

Berlainan dengan bius keseluruhan, bius lokal tidak membuat Bunda kehilangan kesadaran. Sepanjang proses operasi berjalan Bunda akan terbangun dan dapat dengar dan menyaksikan semua yang terjadi di ruangan operasi.

Bius lokal diputuskan untuk persalinan caesar karena dampak negatifnya yang kurang. Berlainan dengan bius keseluruhan yang beresiko mengakibatkan sejumlah permasalahan kesehatan seperti masalah napas yang dapat terjadi pada Bunda dan Sang Kecil.

Walau dampak negatifnya termasuk rendah, bius lokal masih tetap mempunyai efek yang kurang nyaman untuk Bunda. Sejumlah wanita yang melahirkan dengan operasi caesar bahkan juga mengeluh reaksi alergi yang muncul saat operasi.

Berikut sejumlah efek dari bius lokal yang penting Bunda kenali saat sebelum melahirkan dengan operasi caesar.

Rasa pusing karena tekanan darah turun.
Rasa ngilu atau bengkak pada tempat sisa suntikan.
Pandangan sedikit kabur.
Muncul rasa gatal di sekujur badan.
Telinga kadangkala berdenging.

Bila Bunda ingin bersalin dengan operasi caesar penting untuk memerhatikan obat anastesi yang dipakai. Bila cemas akan efek yang muncul Bunda dapat mengkomunikasikannya ke dokter.

About Author

Ayu Dwi Amira