37°C
27 February 2024
Kesehatan

Buah Terbaik Dalam Membantu Pertumbuhan Si Kecil

  • Oktober 16, 2023
  • 4 min read
Buah Terbaik Dalam Membantu Pertumbuhan Si Kecil

Buah-buahan kaya zat nutrisi fundamental seperti serat, kalsium, zat besi, seng, asam folat, dan vitamin A, B, C, dan E yang berperanan penting pada tumbuh berkembang anak. Vitamin dan mineral itu, disebutkan fundamental karena badan tidak bisa membuat sendiri.

Karena itu, sang Kecil disarankan untuk konsumsi buah-buahan berikut, yang bisa menolong memaksimalkan perkembangannya.

Buah Terbaik Dalam Membantu Pertumbuhan Si Kecil
  1. Alpukat

Kandungan lemak dalam alpukat ialah yang paling tinggi dibanding buah yang lain. Itu penyebabnya, alpukat mempunyai struktur yang halus dan creamy. Kandungan lemak didalamnya beberapa tersusun dari asam oleat, yaitu asam lemak tidak jemu tunggal, yang terpenting untuk perubahan otak.

Vitamin E ialah vitamin terlarut lemak, oleh karenanya kandungannya tinggi dalam alpukat. Vitamin ini adalah anti-oksidan kuat yang berperan membuat perlindungan sel dari beragam kerusakan.

Kandungan mineral seng (Zn) dan vitamin E dalam alpukat tinggi. Mineral seng adalah komponen penting untuk metabolisme di beberapa mekanisme organ hingga benar-benar dibutuhkan pada proses tumbuh berkembang anak. Seng perkuat mekanisme ketahanan tubuh dan menolong pengobatan cedera.

Alpukat termasuk buah dengan kandungan serat paling tinggi. Dalam semangkok yang berisi 230 gr puree alpukat terdapat 15 gr serat. Oleh karenanya, alpukat dapat dipakai untuk menangani sembelit pada anak.

Kandungan seratnya berperan sebagai makanan (prebiotik) untuk bakteri baik pada usus hingga anak tidak gampang alami diare.

  1. Pisang

Pisang adalah sumber khusus mineral kalium yang dibutuhkan untuk jaga kesetimbangan cairan pada tubuh, tekanan darah, dan menolong kerja otot dan jantung. Saluran darah pada tubuh jadi lebih lancar hingga fokus anak bertambah.

Kandungan karbohidrat dalam pisang bisa juga dipakai untuk sumber energi instant untuk anak, yang biasanya aktif secara fisik. Tentu saja, ini lebih sehat dibanding bila anak dikasih makanan tinggi kalori yang kurang kandungan gizinya.

Pisang kaya zat besi, asam folat, vitamin B6 dan B12, dan tembaga yang berperanan saat membuat sel darah merah.

  1. Buah Naga

Buah naga kaya zat besi dan vitamin A. Ke-2 nya dibutuhkan untuk perkembangan rambut yang kuat dan sehat. Vitamin A berguna juga untuk mempertahankan kesehatan kulit dan mata.

Kandungan kalsium dan asam lemak tidak jemu (omega-3 dan omega-6) dalam buah naga lumayan tinggi. Mineral kalsium berperanan penting pada mekanisme ketahanan tubuh, pengobatan cedera, dan menghambat masalah pernapasan. Dan asam lemak tidak jemu bisa menyangga perubahan otak.

Seperti alpukat, kandungan serat dalam buah naga termasuk tinggi dan bisa dipakai sebagai laksatif untuk menangani sembelit pada anak. Kandungan minyak dalam bijinya juga bisa menghaluskan stabilitas feses.

  1. Pepaya

Pepaya adalah sumber vitamin C yang gampang dan murah didapatkan di Indonesia. Pepaya bisa penuhi keperluan vitamin C harian sekitar 157% AKG, di mana jumlah ini termasuk tinggi sekali.

Vitamin C diperlukan untuk membuat jaringan penghubung pada tubuh seperti kulit, tulang, tendon, ligamen, dan pembuluh darah. Peranannya juga penting pada proses pengobatan cedera dan mekanisme ketahanan tubuh.

Selainnya vitamin C, pepaya juga kaya likopen, salah satunya anti-oksidan yang bisa membuat perlindungan dan membenahi badan dari beragam kerusakan. Likopen dalam pepaya ini lebih gampang diresap dibanding dari buah atau sayur lain.

  1. Mangga

Rasanya yang manis dan teksturnya yang halus membuat mangga sering jadi buah favorite beberapa anak. Mangga kaya vitamin A dan vitamin C.

Semangkok sedang potongan mangga (100 g) memberi 25% AKG vitamin A dan 50% AKG vitamin C. Mangga kaya asam glutamin, yang bisa tingkatkan peranan otak dan ingatan pada anak.

Seperti pisang, mangga termasuk buah tinggi kalori hingga dapat dipakai untuk sumber energi instant dan makanan untuk menambahkan berat tubuh anak.

Walau sebuah bisa memiliki kandungan beragam jenis zat nutrisi, tetapi tidak ada satu juga buah yang dapat penuhi seluruh keperluan nutrisi yang dibutuhkan anak. Oleh karenanya, perkenalkan dan lakukan sang Kecil untuk konsumsi beragam tipe buah supaya dia tumbuh sehat, kuat, dan perubahannya maksimal. Disamping itu, beri makanan yang kaya kandungan zat nutrisi yang lain supaya keperluannya terpenuhi.

About Author

Ayu Dwi Amira