37°C
27 February 2024
Gaya Hidup

Beberapa Negara Maju Mulai Terapkan Manfaat Ganja Medis

  • Januari 3, 2024
  • 2 min read
Beberapa Negara Maju Mulai Terapkan Manfaat Ganja Medis

Hibunda – Ganja merupakan salah satu tanaman yang telah lama digunakan untuk keperluan medis. Tanaman ini telah terbukti memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti meredakan nyeri, mengurangi mual dan muntah, serta mengatasi kejang-kejang.

Di beberapa negara maju, penggunaan ganja medis telah dilegalkan. Hal ini dilakukan setelah adanya bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa ganja memiliki manfaat medis yang signifikan.

Berikut adalah beberapa negara maju yang telah menerapkan manfaat ganja medis:

  • Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang paling awal melegalkan ganja medis. Pada tahun 1996, negara bagian California menjadi negara bagian pertama di Amerika Serikat yang melegalkan penggunaan ganja medis. Saat ini, 36 negara bagian di Amerika Serikat telah melegalkan penggunaan ganja medis.

  • Kanada

Kanada menjadi negara pertama di dunia yang melegalkan penggunaan ganja untuk keperluan medis dan rekreasi. Legalisasi ganja untuk keperluan medis di Kanada dilakukan pada tahun 2001. Pada tahun 2018, Kanada juga melegalkan penggunaan ganja untuk keperluan rekreasi.

  • Israel

Israel merupakan salah satu negara yang paling awal melakukan penelitian tentang manfaat ganja medis. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ganja dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi medis, seperti nyeri kronis, mual dan muntah akibat kemoterapi, serta kejang-kejang akibat epilepsi. Pada tahun 1992, Israel menjadi negara pertama di dunia yang melegalkan penggunaan ganja medis untuk mengobati epilepsi.

  • Uruguay

Uruguay menjadi negara pertama di dunia yang melegalkan produksi, penjualan, dan konsumsi ganja. Legalisasi ganja di Uruguay dilakukan pada tahun 2013.

  • Portugal

Portugal menjadi negara pertama di dunia yang menghapus kriminalisasi kepemilikan dan konsumsi narkoba. Hal ini dilakukan pada tahun 2001. Meskipun ganja tidak sepenuhnya legal di Portugal, namun penggunaan ganja untuk keperluan medis diakui oleh pemerintah Portugal.

Manfaat ganja medis telah diakui oleh banyak negara di dunia. Legalisasi ganja medis di beberapa negara maju menunjukkan bahwa ganja memiliki potensi untuk menjadi pengobatan yang efektif untuk berbagai kondisi medis.

Di Indonesia, menurut gaya hidup penggunaan ganja medis masih ilegal. Namun, beberapa pihak telah mendorong agar pemerintah Indonesia melegalkan penggunaan ganja medis. Hal ini dilakukan karena adanya bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa ganja memiliki manfaat medis yang signifikan.

About Author

Ayu Dwi Amira