37°C
27 February 2024
Kesehatan

Bahaya Kentang Bagi Penderita Diabetes

  • Desember 22, 2023
  • 2 min read
Bahaya Kentang Bagi Penderita Diabetes

Hibunda – Kentang adalah salah satu makanan pokok yang digemari oleh banyak orang. Selain rasanya yang enak, kentang juga mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin C, vitamin B6, dan kalium. Namun, bagi penderita diabetes, kentang dapat menjadi makanan yang berbahaya.

Bahaya kentang mengandung karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat adalah salah satu jenis makronutrien yang dapat dipecah menjadi gula dalam tubuh. Gula ini kemudian akan diserap ke dalam aliran darah dan meningkatkan kadar gula darah.

Penderita diabetes memiliki masalah dalam memproduksi atau menggunakan insulin, yaitu hormon yang berfungsi untuk mengatur kadar gula darah. Oleh karena itu, penderita diabetes perlu membatasi asupan karbohidrat mereka.

Sebuah studi kesehatan yang diterbitkan dalam jurnal The BMJ menemukan bahwa konsumsi kentang secara berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Studi tersebut menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kentang goreng lebih dari dua kali seminggu memiliki risiko diabetes tipe 2 20% lebih tinggi daripada orang yang tidak mengonsumsi kentang goreng sama sekali.

Selain itu, kentang juga dapat meningkatkan risiko komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal menurut info Media ETC.

Bagaimana cara aman mengonsumsi kentang bagi penderita diabetes?

Jika Anda penderita diabetes, Anda masih bisa mengonsumsi kentang, tetapi dengan cara yang aman. Berikut adalah beberapa tipsnya:

  • Pilihlah kentang yang diolah dengan cara yang sehat, seperti direbus, dipanggang, atau dikukus.
  • Hindari mengonsumsi kentang goreng atau keripik, karena cara pengolahan ini dapat meningkatkan kandungan lemak dan kalori dalam kentang.
  • Batasi porsi kentang yang Anda konsumsi. Satu porsi kentang rebus atau panggang berukuran sekitar 150 gram.
  • Konsumsi kentang bersama dengan makanan lain yang mengandung protein, serat, dan lemak sehat. Makanan ini dapat membantu memoderasi kadar gula darah dan meningkatkan rasa kenyang.

Berikut adalah contoh menu makan yang aman untuk penderita diabetes:

  • Sarapan: Telur orak-arik, oatmeal, dan buah segar
  • Makan siang: Salad kentang, dada ayam panggang, dan sayuran hijau
  • Makan malam: Kentang rebus, ikan salmon, dan brokoli

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait pola makan untuk penderita diabetes, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

About Author

Ayu Dwi Amira