37°C
28 February 2024
Menyusui

Asupan yang Harus Dibatasi Saat Masa Menyusui

  • Januari 12, 2024
  • 3 min read
Asupan yang Harus Dibatasi Saat Masa Menyusui

Hibunda – ASI merupakan asupan terbaik bagi bayi di 6 bulan pertama kehidupannya. Kandungan nutrisi di dalam ASI berperan penting untuk mendukung tumbuh kembang bayi dan melindunginya dari berbagai penyakit. Karena memiliki peran yang begitu penting, kualitas ASI perlu dijaga dengan baik.

Apa yang dikonsumsi ibu menyusui dapat berpengaruh terhadap kualitas ASI. Oleh karena itu, ibu menyusui perlu memperhatikan asupan makanan dan minumannya. Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang perlu dibatasi saat fase menyusui:

Kafein

Kafein dapat menyebabkan bayi menjadi rewel, sulit tidur, dan gelisah. Oleh karena itu, ibu menyusui disarankan untuk membatasi konsumsi kafein hingga 200 miligram per hari. Jumlah ini setara dengan sekitar 2 cangkir kopi atau 4 cangkir teh.

Alkohol

Alkohol dapat terserap ke dalam ASI dan dapat membahayakan bayi. Oleh karena itu, ibu menyusui disarankan untuk tidak minum alkohol sama sekali selama menyusui.

Ikan laut yang mengandung merkuri tinggi

Ikan laut yang mengandung merkuri tinggi, seperti ikan todak, ikan hiu, dan ikan tuna, dapat membahayakan perkembangan otak bayi. Oleh karena itu, masa menyusui disarankan untuk membatasi konsumsi ikan laut yang mengandung merkuri tinggi hingga 340 gram per minggu.

Makanan olahan

Makanan olahan umumnya tinggi kalori, lemak tidak sehat, garam, atau gula tambahan. Konsumsi makanan olahan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Selain itu, makanan olahan juga kurang bernutrisi dan tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi ibu menyusui.

Makanan pedas

Makanan pedas dapat menyebabkan bayi menjadi rewel, sulit tidur, dan diare. Oleh karena itu, ibu menyusui disarankan untuk membatasi konsumsi makanan pedas.

Makanan yang mengandung gas

Makanan yang mengandung gas, seperti kubis, brokoli, dan kembang kol, dapat menyebabkan bayi menjadi kembung dan rewel. Oleh karena itu, ibu menyusui disarankan untuk membatasi konsumsi makanan yang mengandung gas.

Makanan yang mengandung belerang

Makanan yang mengandung belerang, seperti kol, bawang, dan bawang putih, juga dapat menyebabkan bayi menjadi kembung dan rewel. Oleh karena itu, ibu menyusui disarankan untuk membatasi konsumsi makanan yang mengandung belerang.

Selain makanan dan minuman di atas, ibu menyusui juga perlu menghindari konsumsi obat-obatan tanpa resep dokter. Obat-obatan tertentu dapat terserap ke dalam ASI dan dapat membahayakan bayi.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga asupan makanan dan minuman yang sehat saat fase menyusui:

  • Konsumsi banyak buah dan sayuran. Buah dan sayuran merupakan sumber nutrisi yang penting, seperti vitamin, mineral, dan serat.
  • Pilihlah makanan yang utuh dan alami. Makanan utuh dan alami umumnya lebih sehat dan bernutrisi daripada makanan olahan.
  • Masak sendiri makanan di rumah. Dengan memasak sendiri makanan di rumah, ibu menyusui dapat lebih mengontrol bahan-bahan yang digunakan.

Dengan memperhatikan asupan makanan dan minuman, ibu menyusui dapat menjaga kualitas ASI dan mendukung tumbuh kembang bayi yang optimal.

About Author

Ayu Dwi Amira