37°C
28 February 2024
Menyusui

Alasan Wanita di Masa Menyusui Lebih Sensitif

  • Januari 20, 2024
  • 2 min read
Alasan Wanita di Masa Menyusui Lebih Sensitif

Hibunda – Masa menyusui merupakan salah satu fase penting dalam kehidupan seorang wanita. Pada masa ini, wanita akan mengalami perubahan fisik dan hormonal yang cukup signifikan. Salah satu perubahan yang sering dialami oleh wanita menyusui adalah sensitivitas yang meningkat. Wanita menyusui sering merasa lebih mudah marah, sedih, atau stres.

Ada beberapa alasan mengapa wanita menyusui lebih sensitif. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Perubahan hormon

Perubahan hormon merupakan faktor utama yang menyebabkan sensitivitas meningkat pada wanita menyusui. Selama masa kehamilan dan menyusui, kadar hormon estrogen, progesteron, dan prolaktin meningkat secara signifikan. Hormon-hormon tersebut berperan dalam produksi ASI dan menjaga kesehatan bayi. Namun, peningkatan hormon-hormon tersebut juga dapat menyebabkan perubahan mood, termasuk sensitivitas yang meningkat.

  • Kurang tidur

Wanita menyusui sering mengalami kurang tidur karena harus bangun di malam hari untuk menyusui bayinya. Kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan dan stres, yang dapat meningkatkan sensitivitas.

  • Tekanan psikologis

Masa menyusui merupakan masa yang penuh dengan tekanan psikologis. Wanita menyusui harus belajar untuk menjadi seorang ibu, menghadapi perubahan fisik dan hormonal, serta menyesuaikan diri dengan peran barunya. Tekanan-tekanan ini dapat menyebabkan sensitivitas meningkat.

  • Masalah menyusui

Masalah menyusui, seperti puting lecet atau bayi yang sulit menyusu, juga dapat menyebabkan sensitivitas meningkat. Wanita menyusui yang mengalami masalah menyusui akan merasa frustrasi dan stres, yang dapat meningkatkan sensitivitas.

Jika Anda merasa lebih sensitif selama masa menyusui, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya, yaitu:

  • Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Usahakan untuk tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam.

  • Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. Pilihlah olahraga yang ringan dan nyaman untuk Anda lakukan.

  • Dukungan dari orang terdekat

Dukungan dari orang terdekat, seperti pasangan, keluarga, atau teman, dapat membantu Anda merasa lebih baik. Bicaralah dengan orang terdekat tentang perasaan Anda.

  • Mintalah bantuan profesional

Jika sensitivitas Anda sangat mengganggu, Anda dapat meminta bantuan profesional, seperti psikolog atau konselor.

Perlu diingat bahwa sensitivitas yang meningkat selama masa menyusui merupakan hal yang wajar. Namun, jika sensitivitas Anda sangat mengganggu, Anda dapat melakukan beberapa hal di atas untuk mengatasinya.

About Author

Ayu Dwi Amira