37°C
28 February 2024
Menyusui

9 Penyebab dan Cara Atasi Bayi Menarik Puting Ibu Saat Menyusu

  • September 27, 2023
  • 4 min read
9 Penyebab dan Cara Atasi Bayi Menarik Puting Ibu Saat Menyusu

Hibunda – Bayi menarik puting ibu saat menyusu kerap kali membuat busui tidak nyaman. Apa lagi, jika bayi menarik dengan sedikit gigitan. Nach, kurang lebih apa ya pemicu bayi menarik puting ibu saat menyusu dan bagaimanakah cara menanganinya? Cari info yok, Bunda.

Sebagai ibu baru, persoalan menyusui yang muncul sering membuat depresi tertentu ya, Bunda. Bukan saja menyinggung produksi ASI yang kerap terganggu, tapi juga permasalahan seperti bayi menarik puting ibu saat menyusu yang tidak dikenali penyebabnya.

9 Penyebab dan Cara Atasi Bayi Menarik Puting Ibu Saat Menyusui

Pemicu bayi menarik puting ibu saat menyusu

Dalam umumnya kasus, keadaan itu sebetulnya bukan hal yang penting dicemaskan. Tetapi, ketahui pemicunya bisa menolong Bunda merasakan tenang saat menyusui. Berikut beberapa argumen umum kenapa bayi yang disusui sering menarik puting ibu saat menyusu:

Saluran ASI lamban

Bila bayi terlihat menarik puting ibu menyusui, kemungkinan mereka sedih karena ASI kelamaan keluar. Saat bayi mulai menyusu, mereka menggairahkan pelepasan oksitosin, yang mengakibatkan ASI keluar. Pada beberapa kasus, proses ini bisa memerlukan waktu beberapa saat. Bila bayi jadi tidak sabar, dia kemungkinan rewel dan menarik puting ibu saat menyusu.

Saluran ASI terlampau cepat

Bila bayi menarik lagi puting ibu saat menyusu, kemungkinan yang lain yaitu ASI Bunda mengucur terlampau cepat. Ini kemungkinan bisa membuat bayi kerepotan saat menyusu. Sikap menyusui tertentu dapat menangani ini dan membuat bayi menyusu lagi secara nyaman.

9 Penyebab dan Cara Atasi Bayi Menarik Puting Ibu Saat Menyusu

“Kadangkala bayi menarik puting ibu saat menyusu karena ASI mengucur terlampau deras. Bayi kemungkinan menelan makin cepat lalu mengundurkan diri dan rewel karena tidak dapat bernapas. Berikan mereka waktu sesaat untuk atur napas dan menentramkan diri saat sebelum menempatkannya lagi di payudara. Ini tentu saja bisa menolong mereka masih tetap santai,” tutur Jeanne Cygnus, IBCLC, seperti d ikutip dari situs The Bump.

Gas

Argumen lain kenapa bayi menarik puting ibu saat menyusu karena mungkin ada gas di perutnya. Ini Hal ini kadangkala membuat bayi merasakan tidak nyaman atau kembung, hingga mengakibatkan bayi rewel dengan terlalu berlebih dan menarik puting ibu saat menyusu.

Stimulan terlalu berlebih

Argumen umum yang lain bayi menarik puting ibu saat menyusu yaitu karena ada rangsangan terlalu berlebih. Saat bayi menyusu, mereka memerhatikan semua panorama dan suara disekelilingnya. Ini bisa membuat mereka kerepotan, mengakibatkan mereka rewel dan coba larikan diri dari keadaan itu.

Popok basah

Popok yang basah atau kotor bisa juga mengakibatkan bayi tidak nyaman. Bila popok bayi penuh, dia akan menggelinjang dan menangis sampai Bunda menukarnya. Beberapa bayi lebih peka pada popok kotor dibanding bayi yang lain, menjadi seharusnya lakukan pastikan bayi mempunyai popok yang bersih saat sebelum menyusu.

Terusik

Bayi sering rewel saat keadaan disekelilingnya tidak nyaman saat mereka menyusu. Seringkali, mereka menarik puting ibu saat menyusu karena perhatiannya terusik saat menyusu. Ini umum terjadi bila bayi coba menyaksikan sekitar ruang atau bila ada sesuatu hal yang lain menarik perhatiannya, seperti d ikutip dari situs The Breastfeeding Mama.

Sikap menyusui yang tidak cocok

Kadangkala bayi tidak menyenangi posisi menyusu yang Bunda tentukan dan mereka terlihat rewel dan menarik puting ibu saat menyusu sebab menganggap tidak nyaman. Coba melakukan eksperimen dengan sikap menyusui yang lain yang membuat mereka merasakan semakin nyaman.

Tumbuh gigi

Bayi kemungkinan rewel di babak ini dan menampik untuk menyusu. Seringkali, mereka yang diberi puting sering menarik puting ibu saat menyusu sebab menganggap tidak nyaman karena sakit tumbuh gigi.

Usai makan

Bila bayi terlihat telah usai menyusu, umumnya bayi menarik puting dan jadi pertanda mereka telah kenyang dan tidak memerlukan ASI kembali. Sendawakan mereka dan tidurkan atau merengkuhnya. Pada akhirannya, hal terbaik yang bisa dilaksanakan yaitu memerhatikan kode bayi dan memberi respon sesuai keperluannya.

Tersebut beberapa pemicu bayi menarik puting ibu saat menyusu ya, Bunda. Seharusnya, Bunda tidak butuh cemas dengan kondisi itu. Kebalikannya, teruslah tenang dengan yang dilaksanakan Sang Kecil. Teruslah konsentrasi untuk menentramkannya dan memberi kenyamanan walaupun itu maknanya hentikan sesion menyusui sesaat.

Selanjutnya, bataskan masalah yang kemungkinan ada. Misalkan, cari lokasi yang tenang untuk menyusui, jauh dari keributan beberapa anak atau sinar jelas di ruangan tamu. Redupkan lampu, tutup gorden, dan hidupkan kipas angin atau pemanas untuk menahan keributan. angan sering berhubungan dengannya, dan jauhi merayu, bicara, atau berkontak mata saat ia makan.

Sempatkan diri satu atau dua menit untuk menyaksikan apa bersendawa bisa menolong menurunkan gas dan mendorongnya untuk makan semakin teratur. Dan coba melakukan eksperimen dengan sikap menyusui yang membuat mereka nyaman.

About Author

Ayu Dwi Amira