37°C
27 February 2024
Menyusui

7 Rekomendasi Makanan Ibu Menyusui Penuh Gizi

  • Februari 2, 2024
  • 2 min read
7 Rekomendasi Makanan Ibu Menyusui Penuh Gizi

Hibunda – Menyusui adalah momen spesial bagi seorang ibu untuk memberikan nutrisi terbaik bagi buah hatinya. Di masa ini, kebutuhan gizi Mama pun meningkat untuk mendukung produksi ASI yang berkualitas dan optimal. Berikut 7 rekomendasi makanan penuh gizi yang ideal untuk ibu menyusui:

1. Ikan Salmon

Salmon kaya akan omega-3 yang penting untuk perkembangan otak dan mata bayi. Konsumsi salmon 2-3 kali seminggu dapat membantu meningkatkan produksi ASI dan menjaga kesehatan Mama.

2. Telur

Telur merupakan sumber protein, kolin, dan vitamin D yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Mama bisa mengolah telur dengan berbagai cara, seperti direbus, digoreng, atau diolah menjadi omelet.

3. Oatmeal

Oatmeal kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kadar gula darah. Oatmeal juga mengandung zat besi yang penting untuk mencegah anemia pada Mama.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kale kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan Mama dan bayi. Sayuran hijau dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat, seperti sup, salad, atau tumisan.

5. Buah-buahan

Buah-buahan seperti pisang, apel, dan jeruk kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan Mama dan bayi. Buah-buahan dapat dimakan langsung atau diolah menjadi jus segar.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kacang merah, dan kacang hijau kaya akan protein, serat, dan vitamin B. Kacang-kacangan dapat diolah menjadi berbagai hidangan, seperti sup, salad, atau camilan.

7. Yoghurt

Yoghurt kaya akan kalsium, protein, dan probiotik yang penting untuk kesehatan pencernaan Mama dan bayi. Pilihlah yoghurt plain tanpa tambahan gula untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Tips tambahan:

  • Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.
  • Hindari konsumsi makanan pedas, berminyak, dan mengandung kafein berlebihan.
  • Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi makanan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Mama.

Dengan mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang, Mama dapat memenuhi kebutuhan gizi diri sendiri dan bayinya selama masa menyusui. Remember, a healthy mama makes a healthy baby!

About Author

Ayu Dwi Amira