37°C
28 February 2024
Parenting

7 Ciri Bayi Pintar yang Jarang Diakui Orang Tua

  • Desember 4, 2023
  • 3 min read
7 Ciri Bayi Pintar yang Jarang Diakui Orang Tua

Hibunda – Tiap orangtua tentu ingin anaknya tumbuh jadi anak yang pintar. Tanpa Bunda dan Ayah ketahui, ada banyak pertanda bayi genius yang jarang-jarang jadi perhatian, lho.

Pada umumnya, tidak ada ukuran tentu bayi dengan keadaan apakah yang disebutkan pintar, Bunda. Aktris pintar sendiri cukup subjektif untuk beberapa orang.

Kepandaian pada bayi sendiri terpengaruhi oleh beragam hal. Dimulai dari faktor genetik, konsumsi gizi, stimulan, sampai skema pengasuhan yang diaplikasikan oleh Bunda dan Ayah.

7 Ciri Bayi Pintar yang Jarang Diakui Orang Tua

Ciri-ciri bayi pintar yang jarang-jarang diakui

Merilis dari beragam sumber, ada banyak ciri-ciri bayi pintar yang jarang-jarang Bunda dan Ayah ketahui. Jika ingin tahu, berikut Bubun rangkumkan jejerannya:9

  1. Mempunyai emosional yang kuat

Melihat dari situs Parenting Firstcry, bayi yang pintar berkekuatan secara emosional, Bunda. Maknanya, Sang Kecil dapat rasakan hati negatif atau positif dengan kuat.

Walau jarang-jarang diakui, Bunda dapat menyaksikan secara langsung pertanda ini. Lihat bagaimanakah cara bayi tersambung dengan Bunda, Ayah, atau hewan piaraan.

  1. Ketrampilan komunikasi dan bahasa yang bagus

Saat bayi berumur 4-5 bulan, ada beberapa perubahan yang dapat Bunda lihat. Contohnya saja ketrampilan mereka dalam menggunakan bahasa dan berbicara.

Pada usia ini, bayi bisa mulai keluarkan beragam suara, nih. Suara yang biasa dikeluarkan ialah ketawa atau menangis.

Saat Sang Kecil memperlihatkan minat saat mereka dikisahkan cerita-kisah saat sebelum tidur, ini menjadi pertanda awalnya bayi pintar dan mempunyai talenta.

  1. Perubahan motorik

Dikutip situs WebMD, perubahan motorik bayi umur 4 bulan demikian tertarik sama tangannya. Sang Kecil mulai memegang dengan kuat, seperti menggenggam bermainan halus, dan tidak menyengaja menarik rambut Bunda.

Karena itu, pada usia ini, bayi seharusnya tidak dikenai perhiasan seperti kalung atau gelang yang memungkinkannya untuk diambil dan membuat Sang Kecil cedera.

  1. Mempunyai rasa ingin ketahui tinggi

Ciri-ciri bayi yang mempunyai potensi tumbuh pintar selanjutnya yaitu mempunyai rasa ingin ketahui yang lebih tinggi. Saat bayi mulai aktif bergerak pada usia delapan bulan, mereka suka mengeksploitasi sekitar dan tertarik sama hal baru yang dilihatnya.
Disamping itu, bayi mungkin mulai memperlihatkan rasa ingin tahu waktu bercermin, khususnya saat menyaksikan bayang-bayang dirinya. Ini termasuk dalam perubahan ketrampilan sosial dan emosional lho, Bunda.

  1. Bayi belajar untuk konsentrasi

Salah satunya ciri-ciri bayi pintar pada usia delapan bulan yang lain ialah mempunyai konsentrasi yang lebih tinggi. Untuk contoh, bila Bunda membacakan buku, karena itu dia akan terlihat konsentrasi ke buku dan memerhatikan beragam visual yang dihidangkan.

  1. Capai milestone lebih cepat

Bayi pada usia berapa saja yang capai milestone lebih cepat dari umurnya disebutkan mempunyai kepandaian di atas rerata. Walau demikian, tidak berarti bayi yang telat capai milestone-nya mempunyai kepandaian yang lebih rendah.

Harus diingat jika perubahan tiap anak akan berbeda. Karenanya, jangan terlampau memaksa anak untuk bisa capai sesuatu hal.

  1. Bayi terus akan siaga

Saat bayi lahir, beberapa waktu mereka dihabiskan untuk memperhatikan lingkungan, orang, dan beragam pergerakan. Bayi yang genius akan berkontak mata sama orang yang menggenggam atau bicara kepadanya.

Bayi kemungkinan melihat ke seorang dan selekasnya memberi respon suara dan perlakuan. Ini bisa ke arah dengan tingkat pemahaman lebih tinggi.

About Author

Ayu Dwi Amira