37┬░C
27 February 2024
Kehamilan

5 Tanda Pemulihan Pada Luka Operasi Caesar

  • September 27, 2023
  • 3 min read

Hibunda – Melahirkan dengan operasi caesar pastinya menjadi tantangan tersendiri untuk Bunda. Prosesnya memang tidak menyakitkan, tetapi butuh perhatian yang lebih untuk merawat bekas luka operasi caesar sampai sembuh.

Saat luka operasi caesar akan sembuh, Bunda bisa mengetahuinya lewat tanda-tanda yang ada.

5 Tanda Kesembuhan Pada Luka Operasi Caesar

Tanda luka operasi caesar sembuh

Kira-kira apa saja ya tanda-tanda ketika luka operasi caesar sembuh? simak artikel ini sampai tuntas ya, Bunda

  1. Bekas luka operasi telah berwarna serupa dengan kulit

Setelah menjalani operasi caesar area bekas luka umumnya akan berwarna kemerahan karena pengaruh dari jahitan yang dibuat. Warna kemerahan ini akan bertahan selama beberapa hari atau beberapa minggu, tergantung bagaimana cara Bunda merawat bekas luka.

“Bekas luka operasi caesar akan mencapai 80 persen dari kekuatannya pada minggu ke-6. Namun, bisa memakan waktu setidaknya satu tahun bagi bekas luka untuk menetap dan memperlihatkan penampilannya secara permanen,” kata Alexander Zuriarrain, ahli bedah plastik bersertifikat di Florida, dikutip dari What to Expect

Jika dirawat dengan benar bekas luka akan sembuh dengan cepat, ditandai dengan perubahan warna kemerahan yang ada di bekas luka operasi. Warna kemerahan perlahan akan berubah menjadi warna merah mudah dan kemudian berubah lagi menyesuaikan warna kulit.

Apabila kulit Bunda berwarna agak gelap, biasanya warna bekas luka akan berubah menjadi lebih gelap dibandingkan warna kulit di sekitarnya. Perubahan warna ini biasanya diiringi juga dengan hilangnya pembengkakan di bekas luka operasi.

  1. Bekas luka operasi tidak terasa nyeri

Tak sedikit ibu yang telah melahirkan dengan operasi caesar kesulitan untuk beraktivitas karena rasa nyeri yang ditimbulkan di area bekas luka. Rasa nyeri ini tentunya disebabkan karena bekas luka yang belum kering dan jaringan di sekitar belum menyatu dengan sempurna.

Tanda Kesembuhan Pada Luka Operasi Caesar

Melansir dari Web MD, jika nyeri di area bekas luka sudah tidak lagi Bunda rasakan, maka dapat dikatakan luka operasi sudah sembuh. Nyeri yang dirasakan akan berkurang sedikit demi sedikit dan jika sudah benar-benar sembuh, rasa nyeri tak akan terasa sama sekali bahkan saat bekas operasi disentuh.

  1. Bekas luka menjadi lebih halus dan lembut

Melansir dari One on One, tanda-tanda lain luka operasi caesar sembuh adalah ketika bekas luka menjadi lebih halus dan lembut saat disentuh. Beberapa hari pertama setelah operasi bekas luka akan terasa sangat kasar, hal ini karena jahitan yang masih sangat baru dan jaringan sekitar masih belum menyatu dengan baik.

Ketika Bunda menyentuh area bekas luka dan sudah terasa lebih lembut dan halus, maka bekas luka operasi dapat dikatakan sudah sembuh. Namun, tetaplah berhati-hati jika masih ada rasa nyeri di area bekas luka meskipun bekas luka sudah lebih halus dan terasa lembut.

  1. Tidak ada cairan yang keluar dari bekas luka

Ketika operasi caesar baru saja dilakukan bekas luka tentunya masih basah dan tak jarang mengeluarkan sedikit rembesan cairan. Rembesan cairan ini kemungkinan bersumber dari cedera kapiler yang terjadi selama operasi.

Saat bekas luka operasi caesar sembuh, rembesan cairan ini tentunya tak lagi keluar dan bekas luka akan mengering. Hal ini menandakan jaringan di sekitar bekas luka sudah menutup dengan sempurna.

  1. Bekas luka operasi menyusut

Saat operasi caesar biasanya dokter akan membuat sayatan sepanjang 10-15 cm dengan lebar kurang lebih 0,3 cm. Sayatan ini yang kemudian akan dijahit dan berubah menjadi bekas luka operasi.

Ukuran ini memang tergolong cukup besar, tetapi Bunda tak perlu khawatir. Melansir dari Baby Center, ketika bekas luka operasi caesar akan sembuh, bekas luka akan turut menyusut dengan sendirinya. Selain menyusut bekas luka akan terlihat lebih tipis dan rata.

Itu lah 5 tanda-tanda luka operasi caesar akan sembuh yang wajib diketahui, khususnya bagi Bunda yang sedang hamil anak pertama. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Bunda.

About Author

Ayu Dwi Amira