37°C
27 February 2024
Menyusui

5 Posisi Menyusui Paling Aman Anti Puting Lecet

  • Oktober 27, 2023
  • 4 min read
5 Posisi Menyusui Paling Aman Anti Puting Lecet

Hibunda – Untuk seorang Bunda baru, menyusui ialah peristiwa campur baur yang sarat dengan emosi dan keinginan. Saat seorang ibu melihat bayi kecilnya yang lapar, beberapa pertanyaan kemungkinan ada: “Bagaimana saya melakukan secara betul? Apa bayi saya memperoleh cukup gizi?”

Tetapi, tidak butuh cemas. Menyusui merupakan kemampuan yang penting Bunda dan Sang Kecil ketahui bersama-sama dan perlu waktu supaya terlatih.

5 Posisi Menyusui Paling Aman Anti Puting Lecet

Merilis dari Very Well Famili, tidak ada ketentuan baku berkenaan sikap menyusui yang perlu di ikuti. Bunda bisa menyusui sekalian tiduran, duduk, atau berdiri, bergantung pada opsi Bunda. Dalam masalah ini, Bunda bebas pilih sikap menyusui yang paling Bunda gemari.

5 Sikap menyusui yang sangat nyaman untuk Bunda dan bayi

Agar menjadi opsi untuk Bunda, berikut 5 sikap menyusui yang sangat nyaman untuk Bunda dan Sang Kecil:

  1. The Laid-Back Nursing Position (posisi bersandar)

Posisi bertumpu, atau yang kerap dikenali panggilan ‘laid-back breastfeeding,’ adalah posisi yang umum dan disayangi oleh ibu-ibu yang menyusui. Posisi ini populer karena kenyamanannya dan memungkinkannya agar semakin banyak contact kulit ke kulit di antara Bunda dan bayi.

Dalam posisi bertumpu, Bunda bisa tiduran 1/2 duduk pada tempat tidur atau sofa sekalian menempatkan bayi di atas dada. Ini membuat semakin banyak contact kulit ke kulit yang penting. Bunda dapat tiduran 1/2 duduk pada tempat tidur atau sofa, sekalian bawa Sang Kecil dekat ke dada.

Perut bayi ada di atas perut Bunda, dan kepala bayi menghadap ke payudara. Dalam posisi ini, Bunda dan bayi membuat semakin banyak contact kulit ke kulit yang demikian bermakna.

Demikian bayi telah pada posisi yang sangat nyaman, Bunda dapat santai. Bayi dengan alami mulai akan menyusu. Tolong bayi dengan menuntun puting susu Bunda ke mulutnya, pastikan hidung bayi masih tetap terbuka hingga ia dapat bernapas dengan bebas. Posisi bertumpu ini membuat jalinan lebih intim di antara Bunda dan bayi, menjadikan peristiwa yang bernilai diperjalanan menyusui Bunda.

  1. The Cradle Hold

Cradle hold kemungkinan adalah sikap menyusui yang terpopuler. Kemungkinan awalannya susah untuk menyusui dengan posisi ini, tetapi sesudah Sang Kecil bisa menyusu secara baik, ini ialah langkah menyusui yang sangat nyaman dan umum.

Pertama, gendong bayi dengan 1 tangan. Bila Bunda ingin bayi menyusu di payudara kanan, karena itu pakailah tangan kanan untuk menggendong. Selanjutnya, tempatkan kepala bayi di lengan Bunda dan sanggah badan dan pantatnya pada telapak tangan Bunda. Pastikan posisi kepala dan badan bayi masih tetap sejajar supaya leher bayi tidak tegang.

Lantas selainnya dua sikap menyusui di atas, masih tetap ada sejumlah opsi sikap menyusui yang lain yang dapat Bunda baca di halaman ini.

Bukan hanya dua sikap menyusui yang disebut di halaman awalnya yang dapat Bunda tentukan untuk menyusui Sang Kecil secara nyaman, berikut sejumlah sikap menyusui yang lain yang bisa membuat pelekatan yang bagus dan menghambat puting lecet.

  1. The Cross-Cradle Hold (gendongan menyilang)

Gendongan bersilang, pas untuk bayi prematur, bayi baru lahir, dan bayi yang kesusahan lakukan pelekatan. Posisi ini mempermudah Bunda menyaksikan puting dan mulut Sang Kecil. Disamping itu, karena Bunda menggenggam kepala bayi, karena itu Bunda mempunyai kontrol semakin lebih besar untuk menuntun bayi Bunda supaya bisa menempel secara baik.

Sikap menyusui ini sebetulnya serupa dengan cradle hold, cukup dengan tangan yang bersimpangan dengan payudara yang dipakai untuk menyusui.3.

  1. The Football Hold

Disebutkan clutch hold, posisi football ialah opsi prima untuk bayi kembar yang menyusui. Ini adalah posisi yang bagus untuk menyusui sesudah operasi caesar karena bayi tidak tiduran di atas perut Bunda.

Ibu menyusui dengan payudara besar dan puting datar atau kebalik kemungkinan lebih sukai memakai posisi ini. Posisi football hold dilaksanakan langkah menjepit bayi di bawah lengan. Sebagai deskripsi, langkah menyusui ini cukup serupa dengan menggenggam bola rugby. Supaya masih tetap nyaman, Bunda dapat memakai bantal untuk menyokong badan bayi sepanjang menyusui.

  1. The Side-Lying Position

Posisi tiduran ke samping benar-benar pas dilaksanakan saat Bunda capek dan ingin menyusui sekalian tiduran. Ini ialah opsi yang alami untuk menyusui pada malam hari, dan bermanfaat untuk ibu menyusui yang dulu pernah jalani operasi caesar. Bunda cukup tiduran menghadap segi kanan atau kiri. Selanjutnya, dekatkan bayi pada puting payudara supaya bisa secara gampang menyusu.

Dengan memakai sistem yang tidak sama dengan berganti-gantian, karena itu memungkinkan untuk Sang Kecil untuk memperoleh ASI dari beragam tempat di payudara Bunda lebih efektif. Hingga ini akan menolong menghambat penyumbatan aliran susu dan sejumlah permasalahan umum yang lain saat menyusui.

About Author

Ayu Dwi Amira