37┬░C
27 February 2024
Kehamilan

5 Pantangan Makanan Jelang Persalinan

  • Desember 16, 2023
  • 2 min read
5 Pantangan Makanan Jelang Persalinan

Hibunda – Masa kehamilan merupakan masa yang sangat penting bagi seorang ibu. Pada masa ini, ibu membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu, ibu juga perlu menjaga kesehatannya agar siap menjalani proses persalinan.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan ibu hamil adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Namun, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, terutama menjelang persalinan. Makanan-makanan tersebut dipercaya dapat menyebabkan komplikasi selama persalinan atau bahkan membahayakan janin.

Berikut adalah 5 pantangan makanan jelang persalinan:

  1. Makanan laut

Makanan laut, seperti ikan, cumi-cumi, dan udang, mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan. Namun, makanan laut juga dapat mengandung bakteri yang berbahaya, terutama jika tidak dimasak dengan benar. Bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi pada ibu hamil dan janin.

  1. Makanan mentah atau setengah matang

Makanan mentah atau setengah matang, seperti daging, telur, dan sayuran, juga dapat mengandung bakteri berbahaya. Bakteri-bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi pada ibu hamil, seperti diare, muntah, dan demam.

  1. Makanan pedas

Makanan pedas dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan ibu hamil mengalami diare, sembelit, dan gangguan pencernaan lainnya.

  1. Makanan yang mengandung kafein

Kafein dapat menyebabkan ibu hamil mengalami insomnia, detak jantung yang cepat, dan kecemasan. Selain itu, kafein juga dapat mengganggu penyerapan zat besi, yang penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

  1. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol dapat membahayakan janin, bahkan dapat menyebabkan keguguran atau cacat lahir. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya menghindari minuman beralkohol, baik sebelum maupun selama kehamilan.

Selain 5 pantangan makanan di atas, ibu hamil juga sebaiknya menghindari makanan-makanan yang mengandung pengawet, pewarna, dan penyedap rasa buatan. Makanan-makanan tersebut dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin.

Ibu hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang makanan-makanan yang aman dikonsumsi selama kehamilan.

About Author

Ayu Dwi Amira