37°C
28 February 2024
Menyusui

5 Macam Nutrisi Pelancar ASI yang Mudah Ditemukan

  • Januari 6, 2024
  • 2 min read
5 Macam Nutrisi Pelancar ASI yang Mudah Ditemukan

Hibunda – Air susu ibu (ASI) merupakan makanan terbaik untuk bayi. ASI mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh dan berkembang. Namun, terkadang ibu menyusui mengalami masalah dengan produksi ASI, seperti ASI yang sedikit atau tidak lancar.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan produksi ASI tidak lancar, seperti stres, kelelahan, atau kurang nutrisi. Untuk mengatasinya, ibu menyusui perlu memenuhi kebutuhan nutrisinya agar produksi ASI lancar.

Berikut ini adalah 5 macam nutrisi pelancar ASI yang mudah ditemukan:

1. Kalsium

Kalsium merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi bayi. Selain itu, kalsium juga berperan penting dalam produksi ASI.

Sumber kalsium yang baik untuk ibu menyusui antara lain susu, yogurt, keju, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

2. Zat besi

Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Sel darah merah berperan penting dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke payudara.

Sumber zat besi yang baik untuk ibu menyusui antara lain daging merah, ayam, ikan, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

3. Protein

Protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh. Protein juga berperan penting dalam produksi ASI.

Sumber protein yang baik untuk ibu menyusui antara lain daging, ikan, telur, susu, dan kacang-kacangan.

4. Vitamin B12

Vitamin B12 merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Sel darah merah berperan penting dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke payudara.

Sumber vitamin B12 yang baik untuk ibu menyusui antara lain daging merah, ikan, ayam, telur, dan susu.

5. Folat

Folat merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan DNA. Folat juga berperan penting dalam perkembangan otak bayi.

Sumber folat yang baik untuk ibu menyusui antara lain sayuran hijau, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Selain mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung nutrisi pelancar ASI, ibu menyusui juga perlu menjaga asupan cairannya. Ibu menyusui dianjurkan untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari.

Ibu menyusui juga perlu beristirahat yang cukup dan mengelola stres dengan baik. Stres dapat mengganggu produksi ASI.

Dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta menjaga asupan cairan dan istirahat yang cukup, ibu menyusui dapat membantu melancarkan produksi ASI.

About Author

Ayu Dwi Amira