37°C
28 February 2024
Gizi Makanan

5 Daftar Sayur Baik untuk Ibu Hamil

  • November 23, 2023
  • 3 min read
5 Daftar Sayur Baik untuk Ibu Hamil

Hibunda – Sayur yang baik untuk ibu hamil harus yang banyak memiliki nilai nutrisi. Termasuk serat, vitamin, dan mineral supaya bisa memberikan dukungan kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

Skema makan sehat yang kaya sayur bisa menolong menghindar dari kompleksitas kehamilan yang beresiko. Seperti diabetes gestasional dan kekurangan gizi.

5 Daftar Sayur Baik untuk Ibu Hamil

Makan sayur menolong bayi meningkatkan berat lahir yang sehat, kurangi dampak negatif anemia, mengatur tekanan darah, dan tingkatkan berat tubuh ibu yang sehat.

Sayur yang Baik untuk Ibu Hamil

Untuk memberikan dukungan kesehatan dan kecukupan gizi saat hamil, sejumlah sayur ini perlu Ibu masukan saat menu sehat setiap hari:

  1. Sayur Berdaun Hijau

Sayur berdaun hijau seperti kangkung, bayam, kol, dan selada, penuh akan mineral dan vitamin penting untuk ibu dan bayinya. Beragam sayur itu kaya vitamin, seperti vitamin A, C, K, dan E, dan kalsium, zat besi, folat, dan serat.

Folat atau vitamin B9 ialah vitamin yang penting untuk ibu hamil. Vitamin ini bisa menolong menghambat cacat tabung saraf pada janin, khususnya sepanjang trimester pertama.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah opsi sayur yang baik untuk ibu hamil. Sayur akar ini memiliki kandungan banyak gizi penting, seperti vitamin A, potasium, magnesium, mangan, tembaga, besi, vitamin C, dan sejumlah vitamin B.

Konsumsi ubi jalar saat hamil bisa menolong mengontrol kandungan gula darah karena karakter pelepasannya yang lamban. Ini baik untuk turunkan dampak negatif diabetes saat hamil.

  1. Ketimun

Sayur berair berguna juga dan banyak manfaat. Ketimun ialah satu diantaranya. Ketimun benar-benar kaya air dan berperan menolong menghambat dehidrasi pada ibu hamil.

Kulit ketimun adalah sumber serat yang bagus. Ini menolong turunkan dampak negatif sembelit dan wasir, yang disebut permasalahan umum sepanjang kehamilan.

  1. Tomat

Opsi sayur yang lain yang baik untuk ibu hamil ialah tomat. Sayur ini adalah sumber vitamin A dan C, dan memiliki kandungan gizi lain seperti karbohidrat, serat, asam folat dan protein, yang terpenting untuk ibu hamil.

  1. Terong

Terong ialah sayur sehat, yang bisa tingkatkan perubahan keseluruhnya janin dalam kandungan. Karena, sayur ini memiliki kandungan banyak gizi penting seperti vitamin E dan A. Tetapi, pastikan untuk mengkonsumsinya dengan jumlah sedang, ya.

Berapakah Banyak Sayur yang Harus Ibu Hamil Makan?

Ibu hamil mungkin merasa lebih lapar dari umumnya, karena mereka menyuplai gizi ke janin. Karena itu, ibu seharusnya makan dalam jatah kecil tetapi kerap untuk menghindar dari rasa lapar.

Kerap makan dalam jatah kecil menolong memudahkan permasalahan pencernaan, yang disebut tanda-tanda umum sepanjang kehamilan. Salah satunya makanan yang baik untuk ibu hamil ialah sayur.

Tetapi, seberapa banyak, sich, sayur yang penting ibu hamil konsumsi? Saran biasanya ialah 2,5 sampai 3 cangkir (sekitaran 500 g) sayur dalam satu hari. Pastikan untuk menyeimbangi konsumsi sayur yang lebih tinggi serat dengan minum yang cukup, ya.

Selainnya konsumsi sayur yang baik untuk ibu hamil, penting untuk makan banyak macam makanan yang bergizi yang lain secara imbang. Dengan demikian, janin dalam kandungan dapat mendapatkan konsumsi yang cukup buat berkembang dan tumbuh.

About Author

Ayu Dwi Amira