37°C
28 February 2024
Menyusui

5 Cara Memerah Kolostrum untuk Pertama Kalinya

  • Desember 5, 2023
  • 3 min read
5 Cara Memerah Kolostrum untuk Pertama Kalinya

Hibunda – Menyusui jadi rintangan yang perlu dilewati pas sesudah Bunda melahirkan Sang Kecil. Biasanya ASI pertama kali yang keluar sesudah melahirkan memiliki kandungan sebuah cairan yang disebutkan kolostrum.

Banyak Bunda yang masih bimbang berkaitan bagaimanakah cara memeras kolostrum untuk pertamanya kali. Apa sama dengan memeras ASI? Baca artikel berikut sampai habis untuk ketahui triknya, Bunda.

5 Cara Memerah Kolostrum untuk Pertama Kalinya

Langkah memeras kolostrum pertama kalinya

Kolostrum ialah sebuah cairan warna kekuningan yang keluar pertama kalinya sesudah Bunda melahirkan. Cairan ini dipercayai memiliki kandungan sel darah putih yang berperan untuk membuat imun bayi sesudah dilahirkan.

Oleh karena itu, kolostrum jadi cairan yang penting untuk dimakan oleh bayi sebentar sesudah dilahirkan.

“Kolostrum ialah makanan super pertama untuk bayi, ini ialah sumber gizi yang memberi anti-bodi kuat untuk membuat mekanisme kebal yang kuat,” ungkapkan Kara Thornton, konselor laktasi di Lewat Lactea, d ikutip dari Parents.

  1. Duduk pada sikap yang sangat nyaman dan santai

Saat sebelum memeras kolostrum Bunda seharusnya ada dalam posisi yang sangat nyaman dan santai. Sejumlah pakar merekomendasikan untuk memeras kolostrum sekalian merendam di bak sama air hangat.

Bila tidak mau merendam di bak air hangat, Bunda bisa juga mengompres tempat payudara dengan kompres hangat sebelum akan memulai memeras kolostrum. Silakan tentukan posisi dan langkah yang menurut Bunda ternyaman.

  1. Posisikan tangan membuat huruf C

Untuk memeras kolostrum Bunda perlu menempatkan tangan di dekat tempat payudara dan membuat tangan seperti huruf C. Posisikan empat jemari di bawah payudara dan ibu jari di atas.

Ibu jemari dan empat jemari yang lain ada di bawah payudara semestinya memiliki jarak 2 sampai 3 cm dari areeola. Areola ialah tempat yang warna lebih gelap yang berada di dekat puting.

  1. Mulai memerah secara halus

Bunda dapat memakai ibu jari dan telunjuk untuk memijat payudara secara halus. Lewat pijatan halus ini umumnya kolostrum akan keluar sendirinya. Bila kolostrum tidak juga keluar, coba untuk mengalihkan tangan lebih dekat ke puting.

  1. Ulangi sepanjang seringkali

Kadangkala kolostrum memanglah tidak bisa keluar dalam sekali eksperimen memeras. Oleh karena itu, silakan ulangi kembali beberapa langkah di atas sepanjang seringkali. Jangan gampang berserah karena dalam beberapa kasus kolostrum memang memerlukan waktu dan usaha yang lebih buat keluar.

  1. Mengumpulkan kolostrum di tempat yang steril

Bila kolostrum tidak mau dikonsumsi langsung silakan mengumpulkan kolostrum yang telah diperah di tempat yang steril. Bunda bisa juga memakai kantung khusus ASI untuk simpan kolostrum saat sebelum dimakan oleh Sang Kecil.

Umumnya sesudah diperah kolostrum akan keluar sendirinya tanpa dipijat kembali. Bila tidak ingin kolostrum kebuang percumang, Bunda dapat memuatnya dengan memakai tempat pompa ASI portabel.

Kolostrum rupanya bisa juga diperah semenjak Bunda masih hamil. Lantas, kapan sebetulnya kolostrum mulai keluar di periode kehamilan. Baca lebih komplet pada halaman selanjutnya.

Kapan kolostrum mulai keluar di periode kehamilan?

Merilis dari What to Expect, badan wanita mulai menghasilkan kolostrum semenjak trimester awalnya kehamilan. Tetapi, kolostrum tidak keluar sampai mendekati persalinan.

Umumnya ibu hamil mulai rasakan serapan ASI yang memiliki kandungan kolostrum saat kehamilan masuk 26 sampai 30 minggu. Umumnya bila kolostrum telah merembes banyak dokter akan merekomendasikan Bunda untuk memulai mengumpulkannya.

About Author

Ayu Dwi Amira