37°C
28 February 2024
Kesehatan

3 Tipe Buah yang Perlu Dibatasi Pasien Penyakit Jantung

  • November 2, 2023
  • 4 min read
3 Tipe Buah yang Perlu Dibatasi Pasien Penyakit Jantung

Hibunda – Pasien penyakit jantung banyak memiliki larangan yang penting dijauhi. Hal itu termasuk batasi konsumsi buah yang dilarang untuk pasien penyakit jantung. Masalahnya pasien penyakit jantung harus jaga makanan yang mereka konsumsi supaya tidak jadi memperburuk keadaannya.

Walaupun semua buah mempunyai faedahnya tertentu, tetapi ada banyak buah yang seharusnya terbatasi oleh seorang dengan masalah jantung karena kandungan didalamnya bisa berpengaruh buruk jika dimakan dengan terlalu berlebih. Untuk ketahui daftar buah yang dilarang untuk pasien penyakit jantung, silahkan baca artikel berikut sampai akhir.

3 Tipe Buah yang Perlu Dibatasi Pasien Penyakit Jantung

Buah yang Perlu Terbatasi Konsumsinya oleh Pasien Penyakit Jantung

Buah-buahan adalah makanan yang kaya serat, vitamin, mineral, dan anti-oksidan. Buah banyak memiliki faedah untuk kesehatan, termasuk kesehatan jantung. Tetapi, tidak semua buah bisa dimakan oleh pasien penyakit jantung. Berikut buah yang jangan dikonsumsi oleh pasien penyakit jantung dengan terlalu berlebih:

  1. Buah Kalengan

Buah kalengan ialah buah dalam paket yang sudah diproses dan diawetkan dengan khusus. Buah kalengan seperti leci, persik, dan yang lain memiliki kandungan gula tambahan yang dipakai sebagai bahan pengawet dan pemanis.

Hal itu beresiko karena konsumsi gula dengan terlalu berlebih bisa tingkatkan dampak negatif penyakit jantung, termasuk kegemukan, diabetes, dan kenaikan tekanan darah. Karena itu, pasien penyakit jantung seharusnya batasi konsumsi gula tambahan dalam skema makannya.

  1. Buah Tinggi Lemak dan Kalori

Buah yang penting terbatasi konsumsinya oleh pasien penyakit jantung setelah itu buah yang memiliki kandungan lemak dan kalori tinggi. Buah-buahan yang lebih tinggi lemak dan kalori bila dimakan dengan jumlah terlalu berlebih bisa mengakibatkan peningkatan berat tubuh.

Berat badan yang berlebih atau kegemukan adalah faktor dampak negatif khusus penyakit jantung. Hingga, pasien perlu batasi konsumsi buah-buahan tinggi lemak dan kalori. Berikut sejumlah buah yang mengandung lemak dan kalori tinggi yang penting terbatasi oleh pasien penyakit jantung:

Pisang

Pisang memiliki kandungan karbohidrat, serat, dan kalium yang bagus untuk badan. Tetapi, pasien penyakit jantung perlu waspada saat konsumsi pisang karena tingginya kandungan kalori dan gula didalamnya.

Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang berguna untuk badan, seperti lemak tidak jemu tunggal. Tetapi, konsumsi alpukat dengan terlalu berlebih bisa tingkatkan kandungan lemak jemu yang terdapat didalamnya hingga tidak bagus untuk dimakan dengan terlalu berlebih pada pasien penyakit jantung.

Kelapa

Kelapa mempunyai kandungan lemak jemu dan kalori yang lebih tinggi. Lemak jemu dalam kelapa bisa tingkatkan kandungan cholesterol jahat (LDL) pada tubuh yang disebut faktor dampak negatif khusus penyakit jantung.

Walaupun demikian, pemakaian kelapa dengan ukuran rendah tetap dibolehkan. Pasien penyakit jantung bisa konsumsi kelapa berbentuk rendah lemak, seperti air kelapa fresh untuk sumber elektrolit yang bisa jaga hidrasi badan.

  1. Buah yang Bisa Hasilkan Gas

Sebetulnya, makanan atau buah-buahan yang bisa hasilkan gas bisa dimakan oleh pasien penyakit jantung, tetapi seharusnya dengan jumlah yang sedikit. Karena gas yang dibuat dari buah-buahan itu bisa memunculkan perut kembung.

Disamping itu, kebanyakan konsumsi buah yang bisa hasilkan gas bisa mengakibatkan sakit di perut sampai rasa panas di dada yang bisa memacu rasa tidak nyaman untuk pasien penyakit jantung.

Berikut sejumlah buah yang bisa hasilkan gas dan perlu terbatasi konsumsinya:

Durian

Gas yang dibuat oleh durian bisa mengakibatkan kenaikan penekanan dalam perut dan mekanisme pencernaan. Konsumsi durian dengan terlalu berlebih bisa tingkatkan dampak negatif masalah pencernaan dan jadi memperburuk tanda-tanda penyakit jantung.

Nangka

Sama seperti dengan durian, buah nangka termasuk juga buah pemroduksi gas. Produksi gas dalam perut bisa mengakibatkan perut kembung dan dada berasa sesak..

Nanas

Nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang bisa menggairahkan produksi gas dalam mekanisme pencernaan. Untuk pasien penyakit jantung, kenaikan produksi gas dalam perut bisa mengakibatkan ketaknyamanan dan jadi memperburuk tanda-tanda penyakit jantung.

Selainnya buah-buahan di atas, ada juga makanan yang perlu dijauhi pasien penyakit jantung seperti makanan gorengan, makanan yang terlampau manis atau asin, atau makanan cepat sajian. Menghindar dari buah-buahan dan makanan itu adalah langkah mempertahankan kesehatan jantung yang akurat.

About Author

Ayu Dwi Amira